Waw..Papua Pecahkan Sejarah Baru di PON dengan Meraih 32 Medali Emas

Waw..Papua Pecahkan Sejarah Baru di PON dengan Meraih 32 Medali Emas

KABARINDO.com : Inilah telah tercipta sejarah baru dari kontingen Papua di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON). Hingga saat ini Papua telah meraih 32 medali emas dalam kurun waktu selama 14 hari di gelaran PON XX Papua 2021.

Dilansir dari Okesport, pencapaian yang gemilang tersebut, Papua bertengger di posisi kedua klesemen sementara perolehan medali hingga Senin 4 Oktober 2021. Tidak hanya meraih medali emas saja, Papua juga sudah mengumpulkan 14 medali perak dan 29 medali perunggu dengan total 74 medali.

Dalam sejarah perhelatan PON, pencapaian terbaik Papua pernah ditorehkan pada PON XI di Jakarta pada 1985. Ketika itu, Papua sukses finis di peringkat ke-5 dengan mengoleksi 23 medali emas, 24 perak dan 26 perunggu dengan total 66 medali.

Kontingen Papua juga tercatat pernah dua kali meraup 23 medali emas di ajang PON. Selain 1985, mereka juga mendapatkan raihan tersebut di PON XII tahun 1989 di Jakarta dan PON XVI Sumatera Selatan tahun 2004.

Sekretaris Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Papua, Kenius Kogoya menargetkan untuk mendulang lebih banyak medali emas lagi yaitu 84 keping. Dia juga berambisi untuk mempertahankan posisi lima besar pada PON XX tahun 2021 ini.

"Target yang diharapkan bisa mendapatkan 84 medali emas pada PON XX dari 37 cabor dan 56 disiplin yang akan kita ikuti," papar Kenius seperti dikutip dari laman resmi Papua pada Selasa (5/10/2021).

Sampai hari ke-14, Papua sudah mengumpulkan 31 medali emas. Cabang olahraga sepatu roda paling mendominasi dengan mendulang delapan medali emas, dua medali perak dan lima medali perunggu.

Lalu, di urutan kedua yaitu cabang olahraga Muay Thai dengan menggondol enam medali emas, empat medali perak, dan tiga medali perunggu. Kontingen Papua masih berpeluang besar untuk menambah pundi-pundi medali emasnya di sejumlah cabang dan disiplin olahraga.

Kini, koleksi medali emas Papua sendiri terpaut enam medali dengan DKI Jakarta yang tengah memuncaki klasemen. DKI Jakarta total meraih 38 medali emas, 25 perak, dan 31 perunggu. Foto : Laman resmi PON XX Papua 2021