Waw PON XX Papua 2021 Dijadikan Contoh Ajang Event Olahraga di Tengah Pandemi

Kabarindo.com : Zainudin Amali , Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), mengomentari penyelenggaraan PON XX Papua yang hingga saat ini tidak memilki kendala, Zainudin pun menyebut bahwa ajang ini bisa menjadi contoh penyelenggaraan turnamen di tengah pandemi.

 

Menyelenggarakan beberapa even olahraga dihampir seluruh belahan dunia harus mengalami penundaan. PON sendiri juga harus mengalami penundaan selama satu tahun karena pandemi Covid-19 yang tidak terkendali.

 

PON XX Papua 2021 kini sudah resmi digelar tanpa ada kendala yang berarti. Menpora pun berharap bahwa PON yang diselenggarakan di tengah pandemi ini bisa menjadi contoh untuk menggelar turnamen olahraga lainnya di tengah pandemi.

 

"PON ini sebagai momentum kita untuk belajar, uji coba kita menyelenggarakan kegiatan di tengah masa pandemi Covid-19. Karena kita tidak tahu kapan pandemi ini akan berakhir. Dari empat hari perjalanan saya di PON XX Papua ini apa yang saya lihat sih baik, " ujar Zainudin Amali, dilansir dari siaran Pers yang dirilis Kemenpora, Rabu (6/10/2021).

 

Atas kesuksesan tersebut Menpora menyebut beberapa cabang olahraga telah meminta rekomendasi untuk menggelar pertandingan nasional dan internasional. Meski begitu, Menpora menegaskan bahwa kegiatan olahraga tetap harus menerapkan protokol kesehatan.

 

PON XX Papua pun juga diselenggarakan dengan protokol kesehatan yang cukup ketat di Papua. Hal ini berupaya untuk mengurangi resiko penularan yang terjadi di tanah Papua saat dan setelah penyelenggaraan PON. (Foto: PB PON XX Papua 2021)