Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Berita Utama > Tito Karnavian: Jakarta Diperluas Jadi Kota Aglomerasi Nantinya!

Tito Karnavian: Jakarta Diperluas Jadi Kota Aglomerasi Nantinya!

Berita Utama | Jumat, 15 Maret 2024 | 03:43 WIB
Editor : Orie Buchori

BAGIKAN :
Tito Karnavian: Jakarta Diperluas Jadi Kota Aglomerasi Nantinya!

KABARINDO, JAKARTA - Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian mengungkapkan status Jakarta setelah tidak lagi menjadi daerah khusus ibu kota. Nantinya, Jakarta akan diperluas menjadi kota aglomerasi, yaitu kota yang pembangunannya akan diikuti dengan kota-kota satelitnya, yakni Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Cianjur atau Jabodetabekjur.

Tidak hanya itu, konsep pembangunan Jakarta sebagai kota aglomerasi akan diarahkan oleh satu badan khusus yang nantinya dikenal sebagai Dewan Kawasan Aglomerasi. Dewan itu akan dipimpin oleh wakil presiden.

Lalu, bagaimana tanggapan eks gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil terhadap wacana tersebut?

"Setuju. Karena pengalaman saya sebagai Gubernur Jawa Barat, mengkoordinasikan kepentingan wilayah dengan gubernur DKI Jakarta dan gubernur Banten itu tidak mudah," ujarnya setelah Rapat Koordinasi Nasional OIKN di Hotel Kempinski Jakarta, Kamis (14/3/2024).

Menurut dia, harus ada wasit yang mengkoordinasikan kepentingan wilayah-wilayah di ketiga provinsi tersebut.

"Jadi wasitnya itu sekarang wakil presiden. Jadi saya sangat setuju supaya tiga provinsi itu, Jawa Barat, Jakarta, Banten bisa satu suara karena ada pimpinan yang bisa mengambil keputusan," kata Kang Emil yang kini menjabat sebagai Kurator Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur.


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER