Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Berita Utama > Tips & Trik Street Photography; Untuk Pemula

Tips & Trik Street Photography; Untuk Pemula

Berita Utama | Senin, 3 September 2018 | 13:28 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
Tips & Trik Street Photography; Untuk Pemula

Tips & Trik Street Photography; Untuk Pemula

Berikan ilmu untuk meningkatkan keterampilan fotografi

Surabaya, Kabarindo- Dengan makin banyaknya orang yang memiliki kamera DSLR dan ponsel, street photography menjadi semakin populer di Indonesia.

Obyek street photography fokus menangkap momen-momen nyata (candid) di ruang publik seperti stasiun, mal atau bahkan lingkungan sekitar tempat tinggal. Untuk itu, photographer harus kreatif dan peka terhadap keadaan sekitar.

Guna membantu para pemula menguasai teknik street photography, Shopee mengundang Aries Lukman, founder komunitas iPhonesia dan seorang street photographer, Nico Harold, pada Bincang Shopee keempat bertajuk The Two Tales of Street Photography.

Rezki Yanuar, Country Brand Manager Shopee Indonesia, program Bincang Shopee yang diadakan setiap bulan bertujuan mengedukasi dan meningkatkan taraf hidup pengguna dan masyarakat Indonesia secara menyeluruh. Ia senang, acara ini diterima baik oleh semua peserta dan terus memberikan wadah bagi para pengguna agar mendapatkan informasi yang beragam dan relevan dengan kehidupan sehari-hari.

Kami berharap para peserta dapat memperoleh ilmu yang berharga untuk meningkatkan keterampilan fotografi mereka,” ujarnya.

Menurut Aries Lukman dan Nico Harold, street photography tidak memerlukan teknik khusus ataupun perlengkapan fotografi yang kompleks dan mahal. Sebaliknya, keduanya menekankan pentingnya bereksperimen dan melatih sense fotografer terhadap cahaya, situasi dan sudut pengambilan foto. Jadi street photography bisa dilakukan oleh siapapun dan menggunakan gawai apapun.

Ada 4 kunci pengambilan street photography untuk pemula

1.Perhatikan interaksi yang terjadi di sekitar.
Tantangan terbesar dari street photography adalah menangkap momen. Kita harus selalu siap dengan gawai pada saat momen tertentu terjadi, misalnya interaksi sosial. Menurut Aries Lukman, interaksi sosial yang menarik dalam street photography adalah sesuatu yang terjadi secara alami.

2.Kuasai teknis dasar fotografi.
Untuk melatih sense pengambilan foto, teknis dasar fotografi perlu diperhatikan. Pahami teknik-teknik seperti triangle exposure (ISO, shutter speed dan aperture), teknik komposisi dasar serta kerja kamera. Ketiga hal ini penting agar gambaran momen yang diinginkan dapat terinterpretasikan di gawai.

3.Tentukan timing yang pas.
Menurut Nico, kesempatan untuk hunting street photography bisa kapan saja. Pagi, siang, malam, cuaca panas, mendung ataupun hujan bisa menghasilkan foto-foto yang menarik. Tempat pun bisa di mana saja, tidak hanya outdoor, tapi bisa indoor seperti rumah, mal atau lingkungan sekitar kantor.

4.Mulai berlatih dengan memanfaatkan momen sekitar.
Kita bisa memanfaatkan ruang publik dimana saja. Selain outdoor, juga indoor seperti shopping mall atau kantor tempat kita bekerja (selama diperbolehkan menggunakan kamera). Ada tempat-tempat bagus untuk hunting street photography antara lain di Monas, kawasan Petak Sembilan, Pelabuhan Sunda Kelapa, Tanjung Priok dan Surya Kencana (Bogor).

Penulis: Natalia Trijaji


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER