Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

Beranda > Gaya hidup > Tips Tingkatkan Imunitas; Tubuh Sehat dan Bugar

Tips Tingkatkan Imunitas; Tubuh Sehat dan Bugar

Gaya hidup
Oleh : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
Tips Tingkatkan Imunitas; Tubuh Sehat dan Bugar

Tips Tingkatkan Imunitas; Tubuh Sehat dan Bugar

Berjemur, istirahat cukup dan berkualitas, rapikan rumah, bersih-bersih dan makan lebih sehat

Surabaya, Kabarindo- Menjaga sistem imun atau kekebalan tubuh wajib dan penting dilakukan pada masa pandemi untuk menangkal Covid-19.

INFORMA mengajak masyarakat untuk meningkatkan imunitas tubuh dengan memberikan tips pola hidup sehat selama beraktivitas di rumah.

Berjemur nyaman di rumah

Sejak terjadi pandemi, banyak sekali orang yang rutin berjemur pada pagi hari sesuai anjuran dokter. Selain untuk mendapatkan manfaat vitamin D dari sinar ultraviolet (UV), berjemur juga bisa menjadi kegiatan selingan agar tidak bosan beraktivitas di dalam ruangan.

Anda bisa berjemur sambil lesehan dengan bean bag kekinian untuk menambah semangat ataupun tiduran di atas matras. Bisa pula sambil menikmati kudapan pada pukul 10.00 menggunakan meja dan kursi yang dapat dilipat ringkas. Untuk meredam sinar matahari yang menyilaukan dan mengganggu penglihatan, gunakan kacamata anti sinar UV

Istirahat yang cukup dan berkualitas

Istirahat yang cukup dan berkualitas merupakan salah satu cara agar tetap sehat dan bugar. Waktu tidur adalah saat tubuh meregenerasi sel-sel dan memungkinkan otot-otot untuk rileks. Pada peringatan World Sleep Day di Universitas Airlangga pada akhir Maret lalu, dr. Fidiana Sp.S(K), mengatakan indikator tidur yang berkualitas adalah durasi, kontinuitas dan kedalaman tidur.

Tidak seperti durasi dan kontinuitas, kedalaman tidur sering terabaikan. Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kedalaman tidur adalah menciptakan kamar tidur yang nyaman. Anda bisa menggunakan matras orthopedic yang dirancang khusus untuk menangani masalah tulang khususnya tulang belakang, meringankan pegal-pegal hingga kesalahan postur tubuh. Selain itu, bisa menggunakan diffuser aromatherapy untuk menciptakan suasana kamar tidur yang rileks.

Merapikan rumah untuk kurangi stres

Berada di rumah saja selama jangka waktu yang lama bisa mendatangkan stres, apalagi bila kondisi rumah berantakan. Rumah yang rapi dapat mengurangi stres, meningkatkan fokus dan produktivitas saat bekerja di rumah. Hal ini berdampak terhadap imunitas tubuh. Rapikan barang-barang ke dalam kabinet dan rak serba guna, termasuk mainan anak-anak yang berserakan.

Lebih rajin bersih-bersih

Bersih-bersih wajib dilakukan di rumah, karena menjaga kebersihan sama pentingnya dengan menjaga kesehatan. Kegiatan bersih-bersih dapat menjadi alternatif olahraga ringan dan mampu melepaskan endorfin yaitu hormon yang membuat kita senang, bahagia. Hal ini dapat meningkatkan respon kekebalan tubuh. Kondisi rumah yang bersih dan segar juga bisa membuat diri merasa lebih berenergi, segar dan rileks.

Makan lebih sehat dengan gizi seimbang

Imun yang kuat juga diperoleh dari makanan yang bernutrisi dan bergizi seimbang. Konsumsilah makanan sehat dengan pengolahan yang juga sehat. Salah satunya mengurangi makanan berminyak dengan cara menggoreng modern tanpa minyak menggunakan air fryer. Dengan teknologi mutakhir yang memutar hawa panas 360 derajat dengan kecepatan tinggi agar panas merata dan menembus partikel makanan dari segala sisi, gorengan renyah dan lezat dapat dinikmati tanpa minyak.

Selain direbus, mengukus bahan makanan merupakan pengolahan makanan yang menyehatkan. Namun berdasarkan Journal of Agricultural and Food Chemistry, mengukus makanan dapat mempertahankan kandungan gizi lebih baik dibandingkan dengan merebus.

Makanan sehat harus didampingi dengan minuman yang bernutrisi. Sebagai minuman yang memiliki banyak nutrisi yang mudah diserap tubuh, minum jus setiap hari dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Untuk pengolahan jus yang lebih sehat, gunakan slow juicer. Proses slow juicing menghasilkan ampas yang banyak dan lebih kering, enzim dan gizi buah dapat diekstrak dengan sempurna yang tentunya lebih sehat.

Penulis: Natalia Trijaji


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER