Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Gaya hidup > Tips Bikin Gudang Sempit Jadi Bersih & Rapi

Tips Bikin Gudang Sempit Jadi Bersih & Rapi

Gaya hidup | Rabu, 15 Mei 2024 | 21:59 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
Tips Bikin Gudang Sempit Jadi Bersih & Rapi

Tips Bikin Gudang Sempit Jadi Bersih & Rapi

Surabaya, Kabarindo- Sempit, penuh barang dan brantakan, Itulah gambaran Gudang dalam pikiran banyak orang. Gudang memang menjadi ruang yang biasanya kurang terurus, sehingga membuat suasananya terkesan gelap dan pengap. Padahal anda bisa lebih mudah mengakses semua barang di dalam gudang jika kebersihan dan kerapiannya terjaga

Menata semua barang di gudang yang sempit menjadi tantangan tersendiri. Dibutuhkan cara yang tepat untuk menyusun semua barang di gudang. Berikut tips agar gudang bersih dan rapi di rumah,

Buat dan susun prioritas barang-barang yang disimpan

Sebelum mulai menyusun dan merapikan semua barang di gudang, buatlah skala prioritas setiap barang. Anda bisa mulai memilah barang-barang apa saja yang akan tetap disimpan di gudang, kemudian urutkan sesuai skala kepentingan dari penggunaan barang-barang tersebut. Hal ini akan memudahkan anda untuk menentukan letak posisi barang-barang di dalam gudang.

Gunakan rak besi untuk menyusun barang-barang

Supaya gudang terlihat lebih rapi, simpan barang-barang dan menyusunnya pada rak besi. Khusus untuk gudang yang sempit, hindari menggunakan banyak rak dengan ukuran yang besar dan lebar. Anda bisa memilih rak besi dengan 6 tingkat yang ketinggiannya bisa diatur sesuai kebutuhan. Pastikan untuk selalu memilih rak besi yang kokoh dan berkualitas, sehingga semua barang dan perkakas di dalam gudang bisa disusun dengan rapi pada rak ini.

Kelompokkan barang berdasarkan fungsi dan frekuensi penggunaan

Mengelompokkan semua barang berdasarkan fungsi dan jenisnya bisa memudahkan anda untuk mencari barang ketika diperlukan. Gunakan kotak penyimpanan berdimensi sedang yang bisa ditumpuk hingga 4 tingkat untuk menyimpan barang-barang dengan ukuran kecil dan sedang seperti perkakas, buku bekas dan lainnya,. Penutupnya memiliki sistem tarik, jadi memudahkan anda untuk mengambil barang di dalamnya.

Anda bisa menggunakan kotak penyimpanan lipat yang berukuran besar jika ingin menyimpan barang-barang berukuran sedang dan besar, seperti peralatan berkebun, mainan dan lainnya. Kotak penyimpanan ini bisa dibuka dari depan. Jadi anda bisa mengambil barang dengan lebih mudah.

Optimalkan dinding gudang

Hindari meletakkan banyak barang di lantai, karena akan membuat gudang terasa semakin sempit. Anda bisa memanfaatkan dinding gudang dengan menambahkan gantungan dinding. Gantungan dinding ini bisa anda gunakan untuk menggantung beberapa barang, seperti peralatan kebersihan, tas, peralatan kebersihan dan barang-barang lainnya. Pilih yang ukurannya compact dengan material dari besi dan kayu yang kokoh, sehingga awet untuk digunakan dalam waktu lama.

Selalu jaga kebersihan

Hal yang tak boleh dilupakan jika ingin membuat gudang menjadi bersih dan rapi adalah dengan tetap menjaga kebersihannya. Anda bisa mulai secara rutin membersihkan seluruh bagian gudang, seperti menyapu dan mengepel lantai, membersihkan dinding, plafon dan membersihkan barang-barang dari debu.

Buang barang yang tidak terpakai

Yang terakhir, pastikan untuk membuang barang-barang yang sudah rusak dan tidak terpakai, agar tidak menumpuk. Hal ini akan membantu untuk menghemat ruang gudang dan memudahkan anda untuk menyusun semua barang secara rapi dan terorganisir.

Foto: istimewa


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER