Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Berita Utama > The Power of Quran; Di Gelar JIC

The Power of Quran; Di Gelar JIC

Berita Utama | Senin, 18 April 2022 | 18:48 WIB
Editor : ARUL Muchsen

BAGIKAN :
The Power of Quran; Di Gelar JIC

Nuzulul Quran 1443 H Jakarta Islamic Centre “The Power of Quran”

KABARINDO, Jakarta-  Ramadhan adalah Syahrul Quran.

Bulan diturunkannya Al Quran. Kalamullah yang diturunkan pada malam kemuliaan dan akan memberikan kemuliaan kepada siapa saja yang membacanya, mempelajarinya dan berinteraksi dengannya. 

Momentum turunnya Al Quran atau Nuzulul Quran itu diperingati oleh Pusat pengkajian dan pengembangan Islam Jakarta (Jakarta Islamic Centre) di bulan Ramadhan 1443 H ini dengan menyelenggarakan rangkaian kegiatan The Power of Quran. 

Ada empat kegiatan utama yang dilaksanakan JIC. Pertama, Pameran Kaligrafi Kontemporer Internasional yang akan diikuti oleh 102 seniman dan perwakilan seniman kaligrafi dari 26 negara yakni Indonesia, India, Malaysia, Iran, Tunisia, Bangladesh, Mesir, Iraq, Algeria, Libanon, Pakistan, Marocco, China, Saudi Arabia, UAE, Inggris, Amerika, Syiria, Bahrain, Uzbekistan, Libya, Yaman, Kuwait, Afganistan, Thailand, dan Srilangka.

Kegiatan kedua, Sima’an Khotmil Qur’an 30 Juz dalam sehari dengan menghadirkan 300 para hafidz penghafal Al Qur’an yang berasal dari 34 provinsi di Indonesia dan akan menghafal, menyimak dan menghatamkan Al Qur’an dalam 1 (satu) hari. Pada event ini kolaborasi antara Jakarta Islamic Centre dengan Yayasan Yayasan Tahfidz Sulaimaniyah Indonesia juga akan berlangsung live streaming dengan Sulaimaniyah Turki dan Australia untuk menyimak secara langsung dari kejauhan. 

Selain itu, dalam kegiatan ini dihadiri oleh ribuan siswa-siswi mulai dari SD/ SDI, SMP/ Tsanawiyah, SMU/ SMK/ Aliyah yang akan melihat, menyimak dan mengambil pengalaman proses menghafal Al Qur’an secara langsung. 

Khotmil qubro berlangsung dengan cara bil ghoib artinya mengkhatamkan Al Qur’an tanpa melihat Al Qur’an. Kegiatan ini secara rutin dilakukan oleh Yayasan Tahfidz Sulaimaniyah Indonesia dan dunia ketika para santri telah menyelesaikan hafalannya mulai dari juz 1 sampai dengan juz 30. Dan  nantinya akan ada 5 santri penghafal terbaik dan 25 santri lainnya di 50 titik/ kelompok di dalam Masjid Raya Jakarta Islamic Centre mulai jam 06.00 – 17.00 Wib. 

Selanjutnya pada sore hari dilaksanakan kegiatan Ngabuburit Bersama Al Quran. Kegiatan membaca Al Quran 1 juz tiap orang bersama 5.000 lebih jamaah di halaman Masjid Raya JIC dan sepanjang area trotoar kawasan Masjid Raya JIC. Ngabuburit ini ditutup dengan tausiyah Ustadz Boby Herwibowo dari Askar Kauny yang mengajak kaum muslimin mencintai Al Quran dan memperbanyak interaksi dengan Al Quran.

Dan puncak acara peringatan Nuzulul Quran 1443 H ditutup dengan acara seremonial peringatan Nuzulul Quran dengan penceramah KH Munawir Aseli. 

Kegiatan ini dilaksanakan setelah shalat tarawih. Selanjutnya diadakan pembagian dan pengundian hadiah dengan hadiah utamanya utama umroh untuk 3 orang.

Semoga semua rangkaian kegiatan ini dapat semakin menumbuhkan semangat cinta kepada Al Quran dan senantiasa membumikan dan memuliakan Al Qur’an dengan membaca, mempelajari sekaligus mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari, aamiin.


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER