Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

Beranda > Berita Utama > The Kasur Institute Usulkan 3 Januari; Hari PAUD Nasional

The Kasur Institute Usulkan 3 Januari; Hari PAUD Nasional

Berita Utama
Oleh : ARUL Muchsen

BAGIKAN :
The Kasur Institute Usulkan 3 Januari; Hari PAUD Nasional

Salemba, Jakarta, Kabarindo- Momentum akan kesejarahan patut menjadi hal yang krusial. 

Pantas saja beberapa akademisi, guru besar beberapa kampus terpandang seperti UI, UNJ, UIN Syarif Hidayatullah, Univ Terbuka, Univ Riau, Uhamka bersama pejabat Kemendikbud yang sudah purna tugas bersama dengan aktivis tumbuh kembang anak dari Koalisi Anak Madani, LPAI, Sayati dan hadir Kak Seto sebagai Direktur The Kasur Institute memandang perlu dan urgent pendirian The Kasur Institute agar bisa menggali value dan kandungan kearifan lokal dari 3 tokoh nasional.

"The Kasur Institute adalah wadah dan sentra sinergi litbang dan peningkatan kualitas guru Paud di naungi 3 Yayasan yakni, Yayasan Setia Balita, Yayasan Kazeto Putra Perkasa dan Yayasan KAMI. Bersyukur kemarin, (26/7) bertepatan haulnya Pak Kasur yang ke-108 jadi pas sebagai awal beroperasi dan pendirian The Kasur Institute, " papar Kak Seto mengawali webinar siraturahmi perdana dengan para dewan pakar dan pengurus lainnya.

Kita semua pasti sudah mengenali tokoh nasional Paud saling menguatkan kesejarahan dari sosok inspiratif Nyai Ahmad Dahlan sejak 1919 sebagai pengagas atau Founding Mother TK (Paud) sehingga 2020 ini sdh lebih dari 1Abad dengan lebih dari 20rb cabang dari TK Aisyiyah Bustanul Athfal dilanjutkan Ki Hadjar Dewantara dengan Taman Siswanya sampai perjuangan pasutri pak&bu Kasur dari tahun 1968 dengan TK Mini Pak Kasur hingga berkembang sampai Taman Indria di TVRI sehingga pantas INDONESIA mengagungkan jasa ketiga org tersebut Siti Walidah, Ki Hadjar Dewantara dan Pak Kasur sbg Pengagas pertama konsep dan sistem PAUD. Indonesia.

Lanjut Kak Seto sampaikan disaat bulan anak ini kita harus  bisa maksimal menggali bersama 3 tokoh tersebut dan menjadikan 3 Januari sebagai Hari PAUD Nasional.

Hal tersebutkan diaminkan oleh Ir. Harris Iskandar Phd yang mantan Dirjen Paud dan Dikmas Kemdikbud RI.

"Saya berterima kasih diajak gabung sebagai Dewan Pakar The Kasur Institute sebagai sentra Ide, Gagasan serta Aksi untuk Kepentingan Anak dimasa Golden Agenya," paparnya diaminkan DR. Sukiman dan lainnya.

Output Strategisnya adalah Diklat, Jurnal Ilmiah, buku populer serta jadi narsum nasional dan international dimana video2nya disiarkan KAMI TV dan Radio PAUD.

Institute ini bertujuan merealisasikan Ide, Gagasan serta Aksi berkenaan Pendidikan Anak Usia Dini yang berbasis Kearifan Lokal dan study keilmuan yang komprehensif dari Nyai Ahmad Dahlan, Ki Hajar Dewantara dan Pak Kasur yang disesuaikan dengan keberagaman dan pendidikan damai lalu Paud yang dibangun dari kultur orang Indonesia dengan budaya, bahasa serta cinta tanah air yeng mengedepankan konsep multikultural dengan critical dan creative thinking serta partner dan mitra strategis pemerintah, NGO, Institusi dan Organisasi Pendidikan serta orang tua.

Kepengurusan sebagai berikut periode 2020-2024 adalah sebagai berikut:

Dewan Pakar:
- Prof Dr. Netty Herawati MPsi - Universitas Riau dan DPP Himpaudi
- Prof Komarudin - Rektor UNJ
- Prof. DR, Dr. Sudjatmiko (Guru Besar UI)
- Ir. Harris Iskandar Phd
- Dr. Sukiman
- Sani Budiantini Hermawan S.Psi, Psikolog UI
- Dr. Diana Mutia, Msi - UIN Syarif Hidayatullah (FPsi)
- Bunda Niniek L Karim Psikolog UI
- Yunda Yudha MP (UT).
- Dra. Fitniwilis, M. Pd
Ketua Majelis Dikdasmen Pimpinan Pusat 'Aisyiyah', Dosen Bimbingan dan Konseling FKIP UHAMKA.
- Hj Farida Yusuf M.Pd.
(Ketua umum PP IGTKI  PGRI).

Sementara Pengurus Inti adalah:
- Direktur Eksekutif
Kak Seto
- Wakil Direktur
Kak Nining
- Sekretaris Eksekutif
Kak Hoky
- Bendahara
Mas Pras

Bersama Pelaksana Harian yaitu:
- Ketua Harian
Kak AruL
- Wakil Ketua Harian
Kak Ima
Kak Yudhi
Kak Ella
Kak Lia
- Humas & Kerjasama
Mas Toto
Kak Cepu
Kak Hendra
Kak Vincent

Adapun yang menjadi program jangka pendek adalah;
Ikut merealisasikan 3 Januari 2021 mendatang sebagai Pencanangan Hari Paud Nasional lalu ikut mendorong Usulan Kandidat Pahlawan Nasional Pendidikan kategori Tumbuh Kembang Anak bagi Pak & Bu  Kasur tahun 2021 dan pembuatan Video Sosialisasi Pentingnya PauD dari berbagai perspektif di KAMI TV yang MP3nya disiarkan Radio Paud serta jurnal dan buku-buku tentang PauD.

Kak Seto menegaskan lagi bahwa selain 23 Juli ada Hari Anak Nasional juga 3 Januari tiap tahunnya akan diperingati sebagai Hari Paud Nasional yang menjunjung tinggi keberagaman NKRI dan untuk kepentingan anak terbaik sejak usia dini bahwa untuk melindungi 1 anak Indonesia butuh warga sekampung.


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER