Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Iptek > Teleskop Revolusioner NASA Siap Luncur dari Guyana Prancis

Teleskop Revolusioner NASA Siap Luncur dari Guyana Prancis

Iptek | Sabtu, 25 Desember 2021 | 17:44 WIB
Editor : Hauri Yan

BAGIKAN :
Teleskop Revolusioner NASA Siap Luncur dari Guyana Prancis

KABARINDO, KOUROU – Instrumen revolusioner yang dirancang untuk mengamati keadaan kosmos lebih luas lagi, Teleskop Luar Angkasa NASA James Webb, siap diluncurkan dari Pusat Antariksa Guyana di Kourou, Guyana Prancis, Sabtu (25/12) jam 7.20 pagi waktu setempat (19.20 WIB).

Roket Ariane 5 yang akan meluncurkan Teleskop Luar Angkasa James Webb NASA telah mulai diisi bahan bakar untuk lepas landas.

Sekitar empat jam sebelum rencana peluncuran pagi Natal, roket mulai diisi dengan 175 ton propelan; 150 ton oksigen cair dan 25 ton hidrogen cair, yang sekarang sedang mengalir ke tahap inti roket. 15 ton propelan lainnya akan dimuat ke bagian atas roket.

Pengisian bahan bakar diharapkan selesai satu jam 22 menit sebelum peluncuran, kata juru bicara NASA dalam pembaruan di NASA TV.

Teleskop Revolusioner NASA Siap Luncur dari Guyana Prancis(Foto: Pengisian bahan bakar roket Ariane 5)

Jika semuanya berjalan sesuai rencana, instrumen seberat 14.000 pon akan dilepaskan dari roket buatan Prancis setelah 26 menit perjalanan ke luar angkasa.

Teleskop Webb kemudian akan membutuhkan waktu satu bulan untuk meluncur ke tujuannya di orbit matahari kira-kira 1 juta mil dari Bumi - sekitar empat kali lebih jauh dari bulan. 

Sebagai perbandingan, pendahulu Webb, Teleskop Luar Angkasa Hubble, mengorbit Bumi sendiri dari jarak 340 mil, dan melewati bayangan planet setiap 90 menit.

Jalur orbit khusus Webb akan membuatnya tetap sejajar dengan Bumi saat planet dan teleskop mengelilingi matahari secara bersamaan.

Teleskop Revolusioner NASA Siap Luncur dari Guyana Prancis(Foto: Roket Arianespace Ariane 5, dengan Teleskop Luar Angkasa James Webb NASA di dalamnya, di gedung perakitan terakhir menjelang peluncuran)

Jauh Lebih Canggih dari Hubble

Dengan kemampuannya yang 100 kali lebih sensitif daripada Hubble, teleskop senilai $9 miliar itu mampu membuka era baru eksplorasi astronomi yang sangat dinanti-nanti.

Cermin utama Webb, yang terdiri dari 18 segmen heksagonal logam berilium berlapis emas, juga memiliki area pengumpulan cahaya yang jauh lebih besar, memungkinkannya mengamati objek pada jarak yang lebih jauh.

Webb terutama akan melihat kosmos dalam spektrum inframerah, memungkinkannya untuk mengintip melalui awan gas dan debu tempat bintang-bintang dilahirkan, sementara Hubble ‘hanya’ beroperasi terutama pada panjang gelombang optik dan ultraviolet.

Hal ini, kata para astronom, akan memberikan gambaran sekilas tentang kosmos yang belum pernah terlihat sebelumnya - yang terjadi hanya 100 juta tahun setelah Big Bang, titik nyala teoretis yang menggerakkan perluasan alam semesta yang dapat diamati sekitar 13,8 miliar tahun yang lalu.

Pandangan Hubble dulu mencapai kira-kira 400 juta tahun setelah Big Bang, mengungkapkan objek yang akan dapat diperiksa lebih lanjut dengan Webb.

Selain meneliti pembentukan bintang-bintang paling awal di alam semesta, para astronom ingin sekali mempelajari lubang hitam supermasif yang diyakini menempati pusat galaksi-galaksi jauh.

Instrumen Webb juga membuatnya ideal untuk mencari bukti atmosfer yang berpotensi mendukung kehidupan di sekitar sejumlah planet ekstrasurya yang baru didokumentasikan - benda langit yang mengorbit bintang yang jauh - dan untuk mengamati dunia yang lebih dekat dengan rumah, seperti Mars dan bulan es Saturnus, Titan.

Teleskop Revolusioner NASA Siap Luncur dari Guyana Prancis(Foto: Di landasan peluncuran di Pelabuhan Antariksa Eropa, Pusat Antariksa Guyana di Kourou, Guyana Prancis, Kamis (23/12) lalu.)

Juni, Kemungkinan RIlis Gambar

Teleskop tersebut merupakan kolaborasi internasional yang dipimpin oleh NASA dalam kemitraan dengan badan antariksa Eropa dan Kanada. Northrop Grumman Corp (NOC.N) adalah kontraktor utama. Kendaraan peluncuran Arianespace adalah bagian dari kontribusi Eropa.

Operasi astronomi teleskop, yang akan dikelola dari Space Telescope Science Institute di Baltimore, diperkirakan akan dimulai pada musim panas 2022, setelah sekitar enam bulan penyelarasan dan kalibrasi cermin dan instrumen Webb. NASA berharap dapat merilis kumpulan gambar yang ditangkap teleskop Webb.

Webb dirancang untuk bertahan hingga 10 tahun. ***(Sumber dan Foto: Twitter @NASAWebb, SPACE.com,  Reuters)


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER