Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Iptek > Teknologi Plasmacluster Efektif Tingkatkan Konsentrasi Mengemudi

Teknologi Plasmacluster Efektif Tingkatkan Konsentrasi Mengemudi

Iptek | Sabtu, 2 Desember 2023 | 16:16 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
Teknologi Plasmacluster Efektif Tingkatkan Konsentrasi Mengemudi

Teknologi Plasmacluster Efektif Tingkatkan Konsentrasi Mengemudi

Cepat merespon saat proses pengereman dan mengurangi rasa kantuk saat berkendara

Surabaya, Kabarindo- Sharp Corporation melakukan penelitian terhadap Teknologi Plasmacluster bersama Dr. Toshio Ito, peneliti yang berfokus pada penelitian dalam mengemudi di Institut Teknologi Shibaura, laboratorium penelitian SI, dan salah seorang perwakilan direktur di Hyper Digital Twins Co, Ltd.

Uji coba mengemudi dilakukan dengan menggunakan simulator mengemudi. Sharp mengonfirmasi, untuk pertama kali di dunia ada peningkatan daya konsentrasi saat mengemudi jika terkena ion Plasmacluster.

Pada 2020, penelitian yang dilakukan oleh Sharp menggunakan pengukuran gelombang otak, yang menunjukkan efektivitas teknologi Plasmacluster dalam menjaga konsentrasi saat mengemudi. Penelitian ini juga mengklaim Plasmacluster efektif dalam meningkatkan daya konsentransi saat berkendara.

Berdasarkan hal tersebut, Sharp melakukan penelitian mengenai berkendara secara manual dan self-driving yang diperkirakan akan bermanfaat pada masa depan. Sharp memastikan adanya reaksi yang responsif saat menginjak rem dan peningkatan pengoperasian roda kemudi saat berkendara manual serta mengurangi rasa kantuk dan meningkatkan pengoperasian roda kemudi setelah pengambilalihan dari sistem otomatis selama self-driving. Studi ini merupakan penelitian pertama yang mengungkapkan bahwa teknologi Plasmacluster dapat mempengaruhi perilaku pengemudi.

Dalam mengemudi secara manual, pengemudi ceroboh (idle driving) menempati urutan pertama dalam jumlah kecelakaan fatal, karena melanggar peraturan lalu lintas dan saat mengemudi sistem self-driving, terdapat kekhawatiran terjadi kecelakaan yang disebabkan kesalahan pengemudi seperti ketika pengemudi tiba - tiba perlu merespon secara cepat. Mengingat perlunya waktu untuk sepenuhnya mengotomatiskan pengoperasian kendaraan, hasil penelitian dinilai sangat signifikan dalam mencegah seseorang mengemudi secara ceroboh.

Teknologi Plasmacluster adalah teknologi penjernihan udara yang menggunakan ion positif dan negatif guna menghasilkan kualitas udara yang sama dengan udara yang dihasilkan alam. Tingkat keamanan yang tinggi dan beragam manfaat telah terkonfirmasi dengan melakukan pengujian di lembaga pengujian independen pihak ketiga di dalam dan di luar Jepang selama lebih dari 20 tahun.

Sharp telah mendemonstrasikan efektifitas teknologi Plasmacluster dalam meningkatkan kemampuan berkendara dan Sharp akan terus melakukan penelitian manfaat lainnya bagi manusia, juga mempelajari manfaat serta penerapan teknologi Plasmacluster di bidang baru.

Tanggapan dari Dr. Toshio Ito

Pada pengujian berkendara secara manual yang dilakukan berdasarkan hasil reaksi pengukuran waktu, terdeteksi adanya perbedaan waktu setelah pengemudi terkena paparan ion Plasmacluster. Rem dapat diinjak lebih cepat sekitar 0,5 detik dari biasanya. Jika anda berkendara dengan kecepatan 50 kilometer per jam, artinya anda bisa berhenti 7 meter lebih cepat, dengan tingkat self - driving saat ini – level 2. Artinya pengemudi tetap berperan penting dalam berkemudi dengan dibantu sistem otomatis. Pengemudi dapat beralih ke sistem manual jika sistem otomatis tidak mampu mengatasi situasi. Ini karena umumnya perhatian pengemudi cenderung berkurang ketika sistem berkendara self-driving diaktifkan. Teknologi Plasmacluster dapat mengurangi rasa kantuk dan meningkatkan konsentrasi pengemudi, sehingga dapat mencegah kecelakaan dalam situasi pengemudi perlu mengganti sistem mengemudi menjadi manual.

Shinji Teraoka, Presiden Direktur PT Sharp Electronics Indonesia, mengapresiasi hasil penelitian tersebut. Ia mengatakan pada Sabtu (2/12/2023), teknologi Plasmacluster memiliki banyak manfaat bagi manusia.

“Teknologi ini mampu menjernihkan udara, menghilangkan bau, menghilangkan energi statis, mempercantik kulit dan meningkatkan konsentrasi. Hasil penelitian ini membuat kami semakin terpacu untuk menciptakan inovasi-inovasi yang memberikan kemudahan dan manfaat bagi masyarakat,” ujarnya.


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER