Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Hukum & Politik > Sutvey Trust: Peta Sebaran Pemilih Capres Ganjar, Anies dan Prabowo

Sutvey Trust: Peta Sebaran Pemilih Capres Ganjar, Anies dan Prabowo

Hukum & Politik | Rabu, 17 Mei 2023 | 23:27 WIB
Editor : Orie Buchori

BAGIKAN :
Sutvey Trust: Peta Sebaran Pemilih  Capres  Ganjar, Anies dan Prabowo

KABARINDO, JAKARTA -  Direktur Eksekutif Trust Indonesia Research and Consulting Azhari Ardinal mengatakan persaingan Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo begitu ketat di segmen Pemilih. Azhari menyebut Prabowo Subianto cenderung menjadi kuda hitam.

"Dari sini kita lihat adanya pertarungan yang cukup sengit antara Anies dan Ganjar ya. Nah dimana posisi Prabowo? Justru posisi Prabowo ada di kuda hitam, artinya bisa saja mungkin pada saat beliau tidak menjadi genting, justru sebenarnya potensi menang ada di Pak Prabowo," kata Azhari dalam diskusi publik dengan tema 'Pemetaan Dukungan Capres', di Matraman, Jakarta Pusat, Rabu (17/5/2023

"Antara Anies dan Ganjar itu persaingannya ketat artinya tidak ada yang dikatakan unggul satu sama lain, tapi mungkin di sebarannya dan penekenan demografinya agak sedikit berbeda," lanjutnya.

Survei Trus ini dilakukan pada 28 Januari-6 Februari 2023. Sampel pada survei ini adalah 2.200 responden.

Metode pengumpulan data dilakukan wawancara tatap muka secara langsung (offline) dengan menggunakan Stratified Random Sampling berbasis data TPS di 38 Provinsi di Indonesia. Sementara margin error survei +- 2,09% dan tingkat kepercayaan sebesar 95%.

Sebaran Pemilih Berdasarkan Provinsi

Azhari menyebutkan bahwa Anies Baswesdan unggul pada pemilih di daerah Aceh, Banten, Jakarta, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Bangka Belitung, Maluku Utara, NTB, Riau, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sumatera Barat dan Sumatera Utara.

Sedangkan Ganjar Pranowo unggul di daerah Bali, Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Kepulauan Riau, Lampung, NTT, Papua Barat, Papua Selatan, dan Sulawesi Utara.

Sementara itu, Prabowo unggul di daerah Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Maluku, Papua, Papua Barat Daya, Papua Tengah, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Selatan.

Berbeda dengan itu, Azhari menyebut bahwa Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, masih memiliki peluang untuk menjadi calon presiden. "Airlangga, beliau masih punya peluang karena pertama, dia penggagas KIB, kedua Golkar secara entitas politik selalu hadir dalam kontestasi pilpres," ungkapnya.

Sebaran Pemilih Berdasarkan Suku dan Agama

Jika dilihat berdasarkan suku dan agama, Anies unggul di suku Sunda, Melayu, Betawi, Minang, Tionghoa, Banjar, Sasak, Dayak, Aceh dan Makassar.

Sementara, Ganjar unggul pada suku Jawa, Batak, Bali, dan Minahasa. Ganjar unggul pada pemilih beragama Kristen Protestan, Katholik dan Hindu.

Sedangkan Prabowo unggul pada pemilih dengan suku Madura, Bugis dan Lampung.


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER