Surabaya Suites Hotel Ajak Back to Nature; Sajikan Ayam & Bebek Pendhem

Surabaya Suites Hotel Ajak Back to Nature; Sajikan Ayam & Bebek Pendhem

Surabaya Suites Hotel Ajak Back to Nature; Sajikan Ayam & Bebek Pendhem

Ayam dan bebek diolah dengan rempah dan dibakar di atas bara api di dalam tanah

Surabaya, Kabarindo- Pandemi Covid-19 telah memukul industri perhotelan selama 3 bulan lebih. Kini saatnya untuk bangkit pada era new normal, meskipun tak ada yang tahu kapan pandemi akan berakhir.

Surabaya Suites Hotel kembali giat menggaet tamu dengan mempromosikan tempat untuk mengadakan acara kecil-kecilan di poolside pada malam hari dalam suasana romantis dengan hiasan lampu-lampu dan balon serta semilir angin yang menyejukkan. Untuk itu, hotel ini mengadakan live cooking bertema Modern Primitive (back to nature) di poolside.

“Sekarang saatnya bagi industri perhotelan untuk bangkit. Kami mulai aktif kembali melakukan promo-promo untuk menjaring tamu. Salah satunya dengan meningkatkan penjualan food & beverage (F&B),” ujar Natasya, Humas Surabaya Suites Hotel.

Ia memaparkan, hotelnya menawarkan lahan di poolside untuk mengadakan acara kecil-kecilan untuk 20 orang guna membatasi jumlah tamu sesuai protokol kesehatan.

Live cooking tersebut menghadirkan masakan Ayam Kemangi dan Bebek Daun Pandan kreasi Chef Christfian S. Kedua masakan ini berbahan daging bebek dan ayam yang diolah dengan rempah-rempah dan dibakar di atas bara api di dalam tanah.

Ia mengatakan, dirinya menyajikan menu dari ayam dan bebek, karena kedua bahan ini disukai banyak orang dan bisa menghasilkan masakan yang lezat jika diolah dengan pintar.

Chef Christfian menjelaskan, kedua masakan tersebut menggunakan bumbu genap dan memadukan rempah-rempah dari Jawa, Bali dan Sulawesi di antaranya jahe, kunyit, laos, ketumbar, sereh, cabe, tomat, daun pandan, daun salam dan kayu wangi.

Ia memaparkan cara mengolah Ayam Kemangi dan Bebek Daun Pandan. Daging ayam dan bebek dibersihkan lalu dikucuri jeruk nipis. Setelah itu, isi perutnya dikeluarkan. Kemudian kita membuat bumbu yang dihaluskan dan disangrai. Selanjutnya bumbu dibagi dua. Sebagian untuk mengolah bebek, sebagian untuk mengolah ayam. Untuk bebek, di tambah irisan daun pandan, sedangkan untuk ayam menggunakan daun kemangi.

Berikutnya masukkan daun singkong & potongan-potongan kentang ke dalam perut ayam dan bebek. Setelah itu lumuri bumbu dan bungkus dengan daun pisang dan aluminium foil, kemudian letakkan di atas bara api di dalam tanah yang sudah digali lalu tutupi. Tunggu 1,5 jam sampai daging ayam dan bebek empuk. Siap disajikan dan disantap.

Chef Christfian mengatakan, Surabaya Suites selalu siap melayani tamu yang ingin mengadakan acara di poolside dan menyajikan kedua menu tersebut. Namun tamu bisa minta menu selain Ayam Kemangi dan Bebek Daun Pandan.

“Kedua masakan itu merupakan signature menu di sini. Tapi tamu bisa request menu-menu lainnya,” ujarnya.

Penulis: Natalia Trijaji