Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Olahraga > Soekarno Cup Digelar, Meriahkan Piala Dunia U-17 2023

Soekarno Cup Digelar, Meriahkan Piala Dunia U-17 2023

Olahraga | Selasa, 31 Oktober 2023 | 20:53 WIB
Editor : Orie Buchori

BAGIKAN :
Soekarno Cup Digelar, Meriahkan Piala Dunia U-17 2023

KABARINDO, JAKARTA  - Turnamen bertajuk Soekarno Cup 2023 sudah memasuki babak delapan besar dan akan digelar pada 1-3 November 2023. Untuk babak delapan besar dan semifinal rencananya akan digelar di Bekasi International Soccer Field, Bekasi, Jawa Barat, pada 1 dan 2 November 2023.

Selanjutnya, babak final akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta Pusat, pada 3 November 2023. Ketua Panitia Soekarno Cup, Mochamad Nur Arifin, mengatakan Soekarno Cup sudah digelar di beberapa daerah di Indonesia.

Soekarno Cup digelar untuk memeriahkan Piala Dunia U-17 2023 yang akan digelar di Indonesia pada 10 November sampai 2 Desember mendatang. Turnamen ini tidak hanya mempertandingkan sepak bola saja, tetapi juga ada hiburan dari berbagai macam bintang tamu dan dimeriahkan oleh legenda-legenda pesepakbola Indonesia.

"Turnamen ini digelar untuk menghormati jasa Bung Karno (Presiden RI 1) dalam sepak bola. Ini sekaligus menjadi simbul kerakyatan karena sepak bola itu bisa sangat erat dengan masyarakat Indonesia," kata Nur Arifin di SUGBK, Selasa (31/10/2023).

Soekarno Cup Digelar, Meriahkan Piala Dunia U-17 2023

Bupati Trenggelak, Jawa Timur, itu mengatakan bahwa turnamen ini dimainkan oleh anak-anak berusia 17 tahun. Meski begitu, setiap tim diperbolehkan diperkuat lima pemain senior.

Kategori U-17 dipilih karena memang ia melihat masih banyak anak-anak muda yang mempunyai permainan berkualitas tapi luput dari pantauan. Soekarno Cup pun hadir untuk mengisi kekosongan itu.

Kata Nur Arifin, anak-anak muda tentu saja bisa senang bisa bermain di SUGBK. Itu merupakan mimpi bagi para pemain untuk menunjukkan kebolehannya.

"Talenta-talenta terbaik dari turnamen ini rencananya mau akan kami magangkan ke salah satu klub di Spanyol. Selain itu, kami juga berencana untuk mengadakan kompetisi perempuan. Karena kami berpikir kompetisi perempuan di Indonesia kurang diperhatikan," kata Nur Arifin.

Beberapa legenda seperti Anang Maruf, Kurnia Meiga, Mursyid Effendi, dan Vernard Hutabarat. Lalu ada juga Osvaldo Haay yang akan bermain di pertandingan persahabatan sebelum laga final dimulai.

"Osvaldo Haay kami undang karena sebagai bentuk penghormatan kepadanya. Dulu dia merupakan pemain timnas Indonesia. Tetapi karena cedera, sekarang dia fokus menyembuhkan cederanya dan sempat ikut bermain tarkam," kata Nur Arifin.

"Rencananya kami ingin menggelar turnamen ini secara rutin. Jadi ini bagian dari kami untuk melakukan social empowering," lanjutnya.

Sementara itu, legenda Persebaya Surabaya, Mursyid Effendi senang dengan digelarnya Soekarno Cup. Ini menjadi kesempatan bagi anak-anak muda untuk menunjukkan penampilan terbaiknya supaya bisa membela timnas Indonesia suatu saat nanti.

"Semoga saja ada tim pelatih timnas Indonesia yang bisa datang agar mereka bisa melihat pemain-pemain ini. Siapa tahu saja ada yang bisa dipanggil ke timnas Indonesia."

"Mari kita bersama-sama mengawal anak-anak ini supaya lebih baik lagi. Timnas Indonesia kan pemainnya itu dari Sabang sampai Merauke. Ya semoga saja anak-anak di sini bisa terpilih," kata Mursyid Effendi. 

Berikut Jadwal Babak Delapan Besar Soekarno Cup

DKI Jakarta Vs Manokwari

Trenggalek Vs Sulawesi Selatan

Dharmasraya Vs Bali

Tapanuli Utara Vs Sulawesi Utara

Foto: Istimewa (Satria)


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER