Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Iptek > Siapkah Strategi Cloud Solutions untuk Bisnis Anda pada 2023?

Siapkah Strategi Cloud Solutions untuk Bisnis Anda pada 2023?

Iptek | Kamis, 9 Maret 2023 | 21:51 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
Siapkah Strategi Cloud Solutions untuk Bisnis Anda pada 2023?

Siapkah Strategi Cloud Solutions untuk Bisnis Anda pada 2023?

Surabaya-Kabarindo- Perusahaan-perusahaan butuh menjalankan bisnis dengan efisien, menggunakan alat terbaik dan SDM yang tersedia. Dengan teknologi cloud, kita dapat melakukan lebih banyak hal dengan lebih sedikit usaha. Hal ini dapat menjadi ide bagus untuk mempertimbangkan infastruktur yang sudah ada dan melihat apa yang bisa dibuat dengan lebih efektif menggunakan cloud.

Jika sebelumnya anda memerlukan pengeluaran modal yang besar untuk server, perangkat lunak dan para ahli, sekarang anda dapat menjalankan layanan cloud baru sesuai permintaan dan menonaktifkan fitur saat permintaan sedang menurun. Hal ini juga membuat masalah penskalaan menjadi masa lalu dan lebih hemat biaya dari pada memiliki server yang bekerja konstan secara terus menerus.

Berikut beberapa hal yang dapat dipersiapkan untuk bisnis pada 2023:

Mendatangkan teknologi low-code/no-code

Sebelumnya, anda membutuhkan seorang Ph.D. ilmu komputer untuk membuat algoritme sederhana. Sekarang, dengan kehadiran alat-alat low-code/no-code, anda dapat membuat program yang rumit untuk membangun bisnis atau membuat prosesnya lebih efisien. Anda sudah dapat mengembangkan website dan aplikasi untuk customer experience, sebagaimana mengotomatiskan akuntansi internal dan aplikasi web dengan alat-alat ini.

Sebagai tambahan, banyak alat yang dapat membantu memodernisasi bisnis. Layanan cloud seperti Canva, Figma, Airtable dan lain-lain sudah terbukti dapat membantu perusahaan kecil maupun besar untuk mencapai level selanjutnya.

Perkenalkan solusi Artificial Intelligence dan Machine Learning

Jika AI dan M dulu dilihat sebagai solusi software pada masa mendatang, kini dapat diakses oleh lebih banyak orang. Contohnya, solusi open source seperti Stable Diffusion, a deep learning, model teks-ke-gambar yang dapat menghasilkan gambar terinci berdasarkan deskripsi teks, dapat menghilangkan kebutuhan seniman grafis atau ilustrator dari pekerjaan bisnis yang menumpuk.

Saat ini, memang membutuhkan banyak daya dan spesifikasi teknologi canggih, namun anda dapat menghostingnya di layanan cloud dengan harga yang bersaing. Pasti akan ada lebih banyak proyek baru berdasarkan AI dan ML dalam beberapa bulan mendatang, bukan tahun.

Tingkatkan protokol dan kesadaran terhadap keamanan

Cloud menawarkan efisiensi, skalabilitas dan fleksibilitas untuk bisnis, namun seperti biasa, kekuatan besar mendatangkan tanggung jawab yang besar pula (untuk data perusahaan dan pengguna). Alhasil, pemerintah di seluruh dunia mulai memperkuat peraturan data dengan hukuman finansial dan hukum, sementara terorisme di dunia maya masih harus diberantas.

Keamanan harus menjadi tanggung jawab perusahaan dan seluruh stakeholder. Pada 2023 akan terlihat peningkatan jumlah orang yang lebih sadar terhadap data mereka dan protokol keamanan cyber untuk membantu melindungi diri dari potensi cyber yang membahayakan. Pastikan karyawan anda diperbarui dalam protokol keamanan dan kebersihan kata sandi mereka.

Perangi resesi dengan Multi-Cloud Adoption dan SaaS

Pemadaman global dari WhatsApp dan KakaoTalk beberapa waktu lalu menggambarkan begitu berbahaya jika hanya mengandalkan satu platform. UKM yang sangat bergantung pada kedua platform ini mengalami kehilangan peluang dan pendapatan yang luar biasa. Pendekatan multi-cloud akan menawarkan fleksibilitas dan keamanan yang lebih baik, karena dapat menciptakan redundansi dan mencegah downtime dari pemadaman platform tunggal.

Cloud terdistribusi dapat membantu bisnis meningkatkan fleksibilitas dan skalabilitas, sehingga memungkinkan mereka menyebarkan beban kerja ke cloud privat, publik dan hybrid. Selain itu, manajemen multi-cloud tidak lagi rumit, karena layanan seperti platform F5 Distributed Cloud menawarkan visibilitas dan kontrol atas lingkungan cloud terdistribusi, memungkinkan mereka untuk mengoptimalkan beban kerja dan memastikan bahwa mereka berjalan secara efisien.

Software milik F5 Distributed Cloud sebagaimana layanan (SaaS) menghadirkan perbaikan fungsionalitas yang lebih baik, kontrol keamanan tingkat lanjut dan operasi yang lebih disederhanakan dari pada layanan asli dari penyedia cloud. Ini juga akan menurunkan biaya yang diarahkan pada penerapan yang lebih cepat dan produktivitas yang lebih tinggi. Dan sebagai SaaS, anda dapat memulai dari yang kecil, menambahkan fitur sesuai kebutuhan saat bisnis anda berkembang.

Sebagai pengembang yang menyukai aplikasi dalam wadah, perusahaan dapat dengan cepat melabuhkan aplikasi penting jika solusi yang lebih efisien datang secara online dari penyedia layanan cloud alternatif. Solusi dari F5 juga dapat menyediakan fitur keamanan dan kepatuhan untuk membantu melindungi beban kerja perusahaan dari potensi ancaman. Terakhir, model cloud terdistribusi ini dapat membantu bisnis mengelola beban kerja korporat mereka di berbagai lingkungan.

Untuk negara seperti Indonesia yang dengan cepat melompati teknologi lama, terdapat peluang di empat segmen di atas sebagaimana negara membutuhkan lebih banyak spesialis dan pengembang untuk naik ke tingkat berikutnya. Pengetahuan hanya dengan sekali klik. Yang diperlukan hanya menemukan bidang yang diminati untuk membantu membangun atau mempercepat bisnis anda.


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER