Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Iptek > Sharp Manjakan Konsumen, Usung Inovasi dan Teknologi dalam Berbagai Produk

Sharp Manjakan Konsumen, Usung Inovasi dan Teknologi dalam Berbagai Produk

Iptek | Selasa, 8 Agustus 2023 | 10:10 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
Sharp Manjakan Konsumen, Usung Inovasi dan Teknologi dalam Berbagai Produk

Sharp Manjakan Konsumen, Usung Inovasi dan Teknologi dalam Berbagai Produk

Bikin hidup lebih mudah, lebih sehat dan lebih nyaman

Surabaya, Kabarindo- Kehidupan masyarakat modern yang padat dan sibuk membuat mereka harus menyesuaikan diri untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dalam bekerja maupun bersantai.

Sharp Corporation menawarkan kemudahan dan kenyamanan dalam beragam produknya yang menghadirkan inovasi dan teknologi andal. Di antaranya teknologi terbaru terkait energi dan solusi pada kendaraan yang diperkenalkan dalam CES 2023 di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat, pada Januari 2023 lalu. CES merupakan pameran teknologi terbesar dan paling berpengaruh di dunia.

Sharp Corporation memperkenalkan teknologi dan produk canggih yang menggambarkan manajemen perusahaan berfokus pada ESG di bawah empat tema yaitu Energi Baru, Automotif, AR / VR dan TV.

Sharp memperkenalkan LC-LH (Liquid dan Crystal Light Harvesting) untuk pertama kalinya di luar Jepang. Ini adalah fotovoltaik dalam ruangan yang dikembangkan dengan mengintegrasikan sel surya tersensitisasi pewarna (dye-sensitized solar cell) dan teknologi LCD yang telah lama dikembangkan. Juga memperkenalkan sel surya perovskite yang berhasil menarik perhatian sebagai generasi sel surya selanjutnya, karena lebih tipis, ringan dan fleksibel. Diharapkan teknologi ini dapat berkontribusi pada penggunaan tenaga surya yang lebih luas.

Selain itu, Sharp memperkenalkan tampilan informasi penumpang dengan menggunakan kontrol sudut pandang. Dengan mengatur sudut pandang, pengemudi tidak akan dapat melihat tampilan gambar saat berkendara, sehingga dapat berkonsentrasi. Ada pula prototipe sistem pemantauan pengemudi, sebuah modul kamera yang terintegrasi dengan layar memonitor pengemudi. Sharp memperlihatkan modul fotovoltaik majemuk efisiensi konversi tertinggi di dunia, yang diharapkan dapat dipasang pada kendaraan seperti EV, serta digunakan dalam penerapan kedirgantaraan dan penerbangan.

Sharp juga memperkenalkan untuk pertama kalinya prototipe HMD ultra-ringan untuk VR yang dilengkapi perangkat terbaru, seperti layar beresolusi sangat tinggi, kamera fokus otomatis berkecepatan sangat tinggi dan ultra-compact proximity sensor. Sharp mendemonstrasikan modul kamera yang ringan, ringkas dan paling tipis di dunia, sensor jarak yang membantu pemakai HMD menghindari tabrakan dengan orang dan objek, kemudian perangkat AR / VR yang memberikan pengguna perasaan realistis masuk ke dalam gambar dengan lebih nyaman.

Tak ketinggalan, Sharp memperkenalkan model unggulan AQUOS XLED TV untuk pasar global. Pengunjung dapat menikmati layar terbaru generasi selanjutnya dengan kecerahan warna yang luar biasa serta ekspresi warna yang dihasilkan oleh lampu datar LED mini dan teknologi titik kuantum. Selain itu, Sharp meluncurkan prototipe salah satu model 120 inci terbesar ke-4 di dunia untuk pertama kalinya.

Kembangkan prototipe Head Mounted Display untuk VR

Sharp Corporation telah mengembangkan prototipe Head – Mounted Display untuk VR (Virtual Reality) yang terhubung ke smartphone. Prototipe yang memiliki bobot ultra ringan dengan kualitas gambar high definition ini telah diperkenalkan di acara CES 2023.

Dengan dimulainya pengembangan ini, Sharp akan mempercepat penciptaan pengalaman baru yang menggabungkan dunia nyata dan virtual,” ujar Robert Wu, CEO Sharp Corporation.

Prototipe tersebut memiliki fitur utama bodi ultra ringan dengan bobot hanya sekitar 175 gram berkat perangkat canggih dan kemampuan miniaturisasi yang berasal dari pengembangan smartphone. Memiliki layar dengan kualitas 4K (2K per mata) dan reproduksi halus dengan kecepatan refresh 120 H serta modul kamera RGB menggunakan lensa polime, yang memungkinkan pemfokusan otomatis cepat serta tampilan yang nyaman.

Head – Mounted Display untuk VR dapat dikoneksikan dengan menggunakan perangkat canggih milik Sharp, seperti layar VR ultra-ringan dan lensa mata ultra-tipis yang cemerlang. Berkat keahlian Sharp dalam meminiaturisasi komponen yang diperoleh selama bertahun-tahun dalam pengembangan smartphone, menjadikan produk ini memiliki bobot yang ringan hingga dapat digunakan selama berjam-jam tanpa rasa lelah. Juga dapat dilipat menjadi ukuran yang ringkas, sehingga mudah dibawa kemanapun.

Dari sisi layarnya, prototipe tersebut mampu menghadirkan definisi tinggi 4K (2K per mata) dan reproduksi halus dengan kecepatan refresh 120 Hz. Gambar realistis yang dihasilkan dapat menciptakan pengalaman yang memukau.

Head – Mounted Display untuk VR menggabungkan modul kamera warna RGB Sharp yang unik, dimana lensa yang digunakan merupakan lensa polimer, sehingga memungkinkan pemfokusan otomatis ultra cepat. Juga memiliki tampilan gambar kaya warna yang realistis layaknya dunia nyata. Selain itu, dilengkapi fungsi gambar pop-up yang menampilkan dunia nyata di sekitarnya pada jendela terpisah di bagian ruang VR.

Pemfokusan gambar dicapai dengan mengubah ketebalan lensa polimer, yang berarti pemfokusan jauh lebih cepat dari pada kamera konvensional. Bahkan saat posisi fokus berpindah, sudut pandang (jangkauan yang dapat dilihat) tetap sama, sehingga rasa pusing dan mual (motion sickness) berkurang. Head – Mounted Display untuk VR juga memiliki dua kamera B/W guna mendukung fungsi pelacakan tangan (hand tracking) yang mengenali gerakan tangan pengguna dan mengubahnya menjadi pengoperasian di bidang yang terlihat. Fungsi ini memungkinkan pengoperasian yang intuitif tanpa memerlukan pengontrol.

Teknologi Plasmacluster efektif tingkatkan kesehatan

Sharp juga meluncurkan Dehumidifier yang dilengkapi teknologi unggulan Plasmacluster, sehingga produk ini memiliki kelebihan dibandingkan para pesaing. Dehumidifier dapat menjaga kelembapan udara di ruangan dalam kondisi ideal, menghadirkan udara yang sehat dan efektif membantu mengeringkan pakaian lebih cepat.

“Peluncuran produk ini merupakan jawaban atas keluhan konsumen tentang tingkat kelembapan dalam rumah yang mengganggu,” ujar Shinji Teraoka, Presiden Direktur, PT Sharp Electronics Indonesia.

Teknologi Plasmacluster juga ditanamkan pada jajaran baru produk penjernih udara Purefit Plasmacluster Air Purifier untuk meningkatkan kesehatan dan nilai gaya hidup konsumen. Ini karena polusi udara tetap menjadi masalah dunia yang terus menimbulkan dampak negatif terhadap kehidupan. Sekitar 99,82% dari luas daratan global terpapar polusi udara di bawah tingkat yang aman.

Hideyuki Nagamine, Head of PCI/HC Division of Smart Appliances and Solutions BU, Sharp Corporation, mengatakan Sharp meluncurkan Purefit Plasmacluster Air Purifier untuk memberikan solusi inovatif khas Jepang yang didedikasikan guna meningkatkan dan memenuhi kebutuhan kehidupan masyarakat perkotaan modern.

“Kami memahami dampak kualitas udara terhadap kehidupan kita sehari-hari. Karena itu, kami menghadirkan Purefit Plasmacluster Air Purifier yang didukung oleh teknologi Plasmacluster yang revolusione. Kami terus berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan dan gaya hidup konsumen sambil memastikan kesehatan planet ini,” ujarnya.

Purefit Plasmacluster Air Purifier memiliki desain modern minimalis, selaras dengan interior ruangan yang dipadukan teknologi inovatif. Dibekali struktur “dual suction”, produk ini memiliki ukuran bodi ringkas (333 mm x 330 mm x 578 mm) yang dapat menjangkau area seluas 84 meter persegi (standar JEMA).

Purefit Plasmacluster Air Purifier menggunakan berbagai teknologi yang selaras dengan gaya hidup masyarakat dunia. Dikombinasikan dengan teknologi unik Sharp, Coanda Air Flow, dan sistem tiga penyaringan, membuat produk ini memiliki kinerja pemurnian udara yang otentik dan user friendly.

Ion Plasmacluster (PCI 25.000) yang ditanamkan pada Purefit Plasmacluster Air Purifier juga dapat meningkatkan efisiensi pemurnian terhadap zat yang terbawa di udara dan zat yang melekat seperti virus, jamur dan bakteri.

Sharp Corporation berharap, berbagai inovasi dan teknologi yang dimiliki berbagai produk tersebut dapat membuat hidup lebih mudah, lebih sehat dan lebih nyaman.


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER