Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Ekonomi & Bisnis > Sharp Indonesia Gunakan 60% Komponen Lokal, Siap Tingkatkan Volume Ekspor ke Asia Tenggara

Sharp Indonesia Gunakan 60% Komponen Lokal, Siap Tingkatkan Volume Ekspor ke Asia Tenggara

Ekonomi & Bisnis | Sabtu, 9 September 2023 | 12:01 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
Sharp Indonesia Gunakan 60% Komponen Lokal, Siap Tingkatkan Volume Ekspor ke Asia Tenggara

Sharp Indonesia Gunakan 60% Komponen Lokal, Siap Tingkatkan Volume Ekspor ke Asia Tenggara

Menteri Perindustrian kunjungi pabrik AC Sharp Indonesia di Karawang International Industrial City

Surabaya, Kabarindo- Sharp Indonesia telah menggunakan 60% komponen lokal dan akan meningkatkan volume ekspornya ke negara-negara di Timor Leste, Papua Nugini, Asia Tenggara, Kepulauan Fiji, Timur Tengah dan Afrika.

“Hal ini sebagai kontribusi Sharp Indonesia terhadap program pemerintah dalam menjadikan Indonesia sebagai basis produksi produk elektronika yang dapat menyuplai kebutuhan di dalam negeri maupun pasar internasional,” ujar Presiden Direktur PT Sharp Electronics Indonesia, Shinji Teraoka, pada Jumat (8/9/2023).

Ia mendampingi Menteri Perindustrian Republik Indonesia (Menperin), Agus Gumiwang Kartasasmita, dalam kunjungan ke pabrik AC PT Sharp Electronics Indonesia di Karawang International Industrial City. Agus didampingi Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE), Taufiek Bawazier, beserta jajaran eselon I Kementerian Perindustrian.

Pabrik AC tersebut melengkapi basis produksi elektronik lokal Sharp Indonesia. Sebelumnya Sharp telah mengoperasikan pabrik lemari es, mesin cuci, LED TV dan pabrik AC ini menjadi pabrik ke 4 yang beroperasi pada 2023.

“Melalui pabrik AC ini, Sharp Indonesia berharap dapat terus mempertahankan posisinya sebagai produsen elektronik nomor satu di Indonesia dan meningkatkan pangsa pasar hingga 25%,” ujar Teraoka.

Kunjungan kerja tersebut dilakukan Kemenperin guna melihat secara langsung proses produksi produk AC Sharp di kawasan industri KIIC (Karawang International Industrial City) usai diresmikan pada pertengahan Agustus 2023 lalu. Pabrik ini menempati lahan seluas 3,5 HA dengan kapasitas produksi hingga 1,2 juta unit per tahun dengan daya serap tenaga kerja mencapai 1.000 orang karyawan.

Agus mengapresiasi seluruh jajaran PT Sharp Electronics Indonesia atas dukungannya terhadap upaya pemerintah dalam peningkatan iklim investasi, khususnya di bidang industri elektronik.

“Kami mengapresiasi lini produksi baru untuk produk AC PT Sharp Electronics Indonesia. Diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dalam negeri serta ke depannya dapat semakin kompetitif mengisi pangsa pasar ekspor. Produksi baru di PT Sharp Electronics Indonesia juga dapat mendorong tumbuhnya industri komponen elektronika dalam negeri sebagai bentuk penguatan struktur industri dalam negeri,” ujarnya.

Teraoka mengapresiasi perhatian dan dukungan yang diberikan oleh pemerintah Indonesia akan perkembangan sektor industri di Indonesia.


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER