Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Berita Utama > Sharp Fasilitasi Sarana Kebersihan dan Kesehatan bagi Pengungsi Erupsi Semeru

Sharp Fasilitasi Sarana Kebersihan dan Kesehatan bagi Pengungsi Erupsi Semeru

Berita Utama | Kamis, 16 Desember 2021 | 10:46 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
Sharp Fasilitasi Sarana Kebersihan dan Kesehatan bagi Pengungsi Erupsi Semeru

Sharp Fasilitasi Sarana Kebersihan dan Kesehatan bagi Pengungsi Erupsi Semeru

Bantuan dikonsentrasikan di 2 lokasi tenda pengungsian di desa Pasirian dan masing-masing 1 titik di desa Penanggal dan Supiturang

Surabaya, Kabarindo- Situs Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada 13 Desember 2021 menyebutkan erupsi Gunung Semeru mengakibatkan 2.970 rumah rusak, 46 warga meninggal dan 30 warga luka-luka. Sebanyak 9.118 warga mengungsi di ratusan titik posko pengungsian yang tersebar di area Kabupaten Lumajang, Malang dan Probolinggo.

Berkolaborasi dengan Human Initiative, Sharp Indonesia menyalurkan bantuan bagi pengungsi di Lumajang pada Rabu (15/12/2021). Bantuan dikonsentrasikan pada 4 titik lokasi tenda pengungsian, 2 di desa Pasirian dan masing-masing 1 titik di desa Penanggal dan Supiturang.

Sharp Indonesia akan memberikan bantuan dalam 2 tahap yang disesuaikan dengan kebutuhan di lapangan. Pada tahap pertama, Sharp Indonesia melakukan instalasi kebutuhan air bersih dan menempatkan 11 unit mesin cuci untuk membantu warga pengungsi menjaga kebersihan pakaian mereka.

Di setiap titik lokasi pengungsian, kebutuhan pangan sudah terpenuhi. Untuk itu, Sharp Indonesia memberikan bantuan dalam bentuk lain,” ujar Andry Adi Utomo, National Sales General Manager PT Sharp Electronics Indonesia.

Warga pengungsi dapat memanfaatkan mesin cuci secara bergantian. Poniasih, salah satu pengungsi, mengatakan senang dengan adanya posko cuci gratis tersebut. “Mesin cuci di sini sangat membantu warga pengungsi untuk mencuci baju,” ujarnya.

Keluhan lain yang dirasakan warga adalah infeksi saluran pernafasan (ISPA), penyakit kulit dan mata kering, dampak hujan abu yang terjadi setelah erupsi pertama. Untuk meringankan keluhan warga, Sharp mendirikan tenda Plasmacluster yang dapat digunakan warga untuk mendapatkan udara bersih dan sehat.

Dalam tenda tersebut, Sharp Indonesia menyediakan Air Purifier dengan teknologi Plasmacluster yang dilengkapi fitur Humidifier untuk melembabkan kulit dan mata. Juga ada tempat tidur dan bean bag bagi warga untuk beristirahat sekaligus mendapatkan udara bersih dan sehat.

“Tenda Plasmacluster yang dilengkapi dengan produk Air Purifier ini didirikan untuk membantu meredakan gangguan pernapasan. Sementara humidifier untuk meringankan iritasi mata dan kulit kering akibat debu vulkanik,ujar Andry.

Sharp Indonesia juga mendistribusikan lebih dari 20 ribu masker bagi warga pengsungsi. Selain itu, membantu menjaga higienitas warga pengungsi dengan menyediakan alat mandi dan pakaian dalam baru, agar warga lebih nyaman tinggal di tenda pengungsian.

Tahap kedua, Sharp Indonesia telah menyiapkan bantuan layanan perbaikan gratis untuk produk-produk elektronik yang rusak.

“Kami akan terus pantau kondisi warga pengungsi dan siap memberikan bantuan yang diperlukan,ujar Andry.


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER