Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

Beranda > Ekonomi & Bisnis > Sandiaga Uno Menyorot Peran Perempuan dalam Kebangkitan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19

Sandiaga Uno Menyorot Peran Perempuan dalam Kebangkitan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19

Ekonomi & Bisnis | Minggu, 12 Desember 2021 | 20:21 WIB
Oleh : Daniswara Kanaka

BAGIKAN :
Sandiaga Uno Menyorot Peran Perempuan dalam Kebangkitan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19

KABARINDO, JAKARTA - Peran perempuan dalam kebangkitan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) menjadi perhatian Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno.

Menurut Sandiaga Uno, ada 65 juta UMKM yang memberikan kontribusi sebesar 61 persen perekonomian nasional.

Sebagian besar pelakunya atau sekitar 64 persen pelaku UMKM di Indonesia adalah kaum perempuan.

Hal tersebut disampaikan Sandiaga Uno dalama acara Peningkatan Pemberdayaan Perempuan Dalam Kewirausahaan untuk memperingati Hari Ibu tahun 2021.

"Bangkitnya perekonomian nasional adalah bangkitnya UMKM, serta bangkitnya perempuan Indonesia yang berdaya khususnya pada bidang ekonomi sebagai pelaku usaha UMKM, yang memiliki peranan sangat penting bagi ketahanan ekonomi keluarga juga bagi negara," kata Sandiaga Uno.

Sandiaga Uno Menyorot Peran Perempuan dalam Kebangkitan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19

Sandiaga Uno juga menekankan pentingnya peningkatan kemampuan di bidang kewirausahaan untuk kalangan perempuan.

Sandiaga menilai hal tersebut penting untuk mennjadi bekal kebangkitan perekonomian Indonesia yang terdampak pandemi Covid-19.

Pemberdayaan perempuan di bidang kewirausahaan juga menjadi isu lintas sektor, sehingga perlu kolaborasi lintas sektor dan multi sektor.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu juga memberikan apresiasi kepada ibu-ibu yang berkomitmen menjalankan usaha mereka di tengah pandemi.

Komitmen kaum perempuan menjalankan usaha juga dinilai menimbulkan semangat, optimisme, serta menciptakan lapangan kerja.

“Kalian memang tidak pernah habis energinya. Selain mengurus keluarga, masih sempat juga untuk mengembangkan diri untuk berbisnis, mencari tambahan pemasukan keuangan dan menciptakan lapangan kerja,” tulis Sandiaga di akun Instagramnya. 

Sekretaris Kemenparekraf, Ni Wayan Giri Adnyani, ikut menyampaikan harapan dari diadakannya event kewirausahaan bagi kaum perempuan.

Dengan adanya event tersebut, diharapkan dapat mendukung pembangunan nasional, melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia, utamanya perempuan yang berdaya saing.

"Peran perempuan sangat penting dan strategis dalam mendukung pembangunan nasional, oleh karena itu webinar (pelatihan virtual) diharapkan dapat mendukung optimalisasi pemberdayaan UMKM perempuan," ujar Wayan Giri.

Sumber: Kompas
Foto: Kemenparekraf, instagram.com/sandiuno/


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER