Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Berita Utama > Sampoerna Academy Kampanyekan Gerakan Literasi, Gandeng Universitas Trunojoyo

Sampoerna Academy Kampanyekan Gerakan Literasi, Gandeng Universitas Trunojoyo

Berita Utama | Rabu, 18 Mei 2022 | 19:48 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
Sampoerna Academy Kampanyekan Gerakan Literasi, Gandeng Universitas Trunojoyo

Sampoerna Academy Kampanyekan Gerakan Literasi, Gandeng Universitas Trunojoyo

Surabaya, Kabarindo- Sampoerna Academy menjalin kerja sama dengan perpustakaan Universitas Trunojoyo Madura untuk pengembangan SDM di bidang literasi. Kerja sama ini sejalan dengan misi Sampoerna Academy untuk menggalakkan minat baca di kalangan pelajar khususnya dan masyarakat pada umumnya.

Hal itu berdasarkan survei yang dilakukan Program for International Student Assessment (PISA) yang dirilis Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) pada 2019, bahwa Indonesia menempati peringkat ke-62 dari 70 negara atau merupakan 10 negara terbawah yang memiliki tingkat literasi rendah.

Menurut Maharsi Palupining Rini, National Principal Sampoerna Academy Surabaya, untuk bisa mengoptimalkan Gerakan Literasi di Indonesia sehingga masyarakat menjadikan membaca sebagai kebutuhan primer, dibutuhkan kerja sama dengan berbagai pihak. Universitas Trunojoyo Madura selama ini berkomitmen mencerdaskan mahasiswanya dengan menyediakan berbagai literatur ilmiah yang lengkap, sehingga kebutuhan bahan bacaan bermutu bisa terpenuhi selama belajar di sana.

“Kerja sama ini berfokus pada pengembangan SDM, pelayanan dan kunjungan, kegiatan magang dan saling berbagi informasi mengenai perkembangan literasi. Kolaborasi ini seiring dengan program pemerintah yang merancang Peta Jalan Literasi Nasional, sehingga nantinya dari dua institusi ini bisa lahir sumber daya berkualitas berbasis literasi yang luas,” ujarnya pada Rabu (18/5/2022).

Maharsi menjelaskan definisi literasi sangat luas, salah satunya kedalaman pengetahuan seseorang terhadap suatu subyek ilmu pengetahuan. Semakin luas literasi seseorang terhadap suatu bidang, maka semakin meningkat kualitasnya terkait bidang tersebut. Karena itu pembudayaan literasi harus menjadi prioritas bagi lembaga pendidikan.

“Kami ingin terus melayani masyarakat Indonesia dengan menyediakan pendidikan yang berkualitas. Untuk itu, kita harus berkolaborasi dengan lembaga lain yang memiliki komitmen sama. Kami melihat Universitas Trunojoyo Madura merupakan lembaga yang serius dalam membangun sumber daya manusia melalui perpustakaan. Karena itu, Sampoerna Academy antusias dalam membangun rencana-rencana kerja yang bisa kita sinergikan ke depan terkait pengembangan literasi pada kedua pihak,” ujarnya.

Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Trunojoyo Madura, Deni Setya Bagus Yuherawan, mengatakan kerja sama ini akan berlangsung selama 3 tahun dan akan diperpanjang jika program-program yang telah dieksekusi menunjukkan hasil positif. Sebagai bagian dari entitas pendidikan di Indonesia, kampus dan sekolah adalah unsur yang memiliki peran signifikan dalam membangun SDM unggul ke depannya.

“Kita ingin perpustakaan menjadi bagian dari destinasi keluarga di Indonesia. Di negara-negara maju, perpustakaan sering penuh dengan masyarakat bahkan di akhir pekan. Ini berlangsung sampai sekarang, walaupun teknologi dan media sosial juga bisa menyediakan informasi yang dibutuhkan. Namun minat baca warga di negara-negara tersebut masih sangat tinggi. Kita ingin di Indonesia bisa memiliki budaya literasi seperti mereka,” katanya.

Kerja sama antara Sampoerna Academy dengan Universitas Trunojoyo merupakan langkah awal untuk mencapai tujuan tersebut. Budaya literasi perlu dibangun dengan infrastruktur lengkap dan nyaman dengan koleksi buku yang memadai dari sisi kualitas maupun kuantitas. Apalagi Surabaya dan Madura merupakan kota besar di mana masyarakat membutuhkan perpustakaan yang menyajikan beragam informasi berbobot dari dalam maupun luar negeri.

“Harapan kami ke depan, Universitas Trunojoyo Madura bisa terus bersinergi dengan Sampoerna Academy di bidang perpustakaan maupun bidang-bidang lain yang bisa membantu meningkatkan kualitas dunia pendidikan kita,” ujar Deni.


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER