Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Ekonomi & Bisnis > Sahabat FINATRA, Cara FIFGROUP Bantu UMKM Bertumbuh

Sahabat FINATRA, Cara FIFGROUP Bantu UMKM Bertumbuh

Ekonomi & Bisnis | 2 jam yang lalu
Editor : Anton CH

BAGIKAN :
Sahabat FINATRA, Cara FIFGROUP Bantu UMKM Bertumbuh

KABARINDO, JAKARTA– PT Federal International Finance (FIFGROUP), anak perusahaan PT Astra International Tbk yang bergerak di bidang pembiayaan dan merupakan bagian dari Astra Financial, melalui brand service FINATRA yang menyediakan layanan pembiayaan produktif untuk pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) kembali meluncurkan program Sahabat FINATRA yang kini memasuki tahun kedua. Program ini merupakan inisiatif FIFGROUP dalam mendukung pelaku UMKM untuk naik kelas dan meningkatkan kemampuan bisnis mereka. Peluncuran Sahabat FINATRA 2024 berlangsung pada Kamis (24/10/2024) di Menara FIF, Tb. Simatupang, Jakarta Selatan, dan diikuti secara hybrid oleh peserta dari berbagai wilayah.

Cicilia Tri Hapsariningtyas, Microfinancing Division Head FIFGROUP, dalam sambutannya, menekankan pentingnya peran UMKM dalam perekonomian nasional. "UMKM menyumbang 61% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) nasional, dengan total kontribusi senilai Rp9,58 triliun, serta menyerap 97% dari total tenaga kerja di Indonesia. Program Sahabat FINATRA adalah bentuk komitmen FIFGROUP untuk mendukung pelaku UMKM agar mampu berkembang dan naik kelas," ujarnya.

Program Sahabat FINATRA memberikan berbagai fasilitas bagi pelaku UMKM, termasuk inkubasi bisnis, pelatihan manajemen keuangan, dan pendampingan digital. "Peserta program ini juga akan mendapatkan pembinaan langsung dari mentor berpengalaman serta kesempatan untuk memperluas jaringan bisnis," tambah Cicilia.

Melalui program ini, FIFGROUP juga membuka akses permodalan bagi pelaku UMKM untuk ekspansi bisnis FIFGROUP 2030 Sustainability Aspirations yang bertujuan untuk menciptakan portofolio pembiayaan berkelanjutan, termasuk pembiayaan mikro produktif bagi UMKM. Inisiatif ini sejalan dengan upaya mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) nomor 8 tentang Pekerjaan yang Layak dan Pertumbuhan Ekonomi.

Program ini juga mengadopsi Strategi GESI (Gender Equality and Social Inclusion), yang merupakan wujud komitmen FIFGROUP terhadap SDGs nomor 5 tentang Kesetaraan Gender dan SDGs nomor 10 tentang Pengurangan Kesenjangan. Melalui implementasi GESI, FIFGROUP memastikan bahwa semua pelaku UMKM diperlakukan secara adil, tanpa memandang jenis kelamin, status sosial, atau kelompok etnis.

Peluncuran program ini juga dimeriahkan dengan talkshow interaktif bertema "Berani Kembangkan Usahamu, Belajar Bersama Sahabat FINATRA", yang menghadirkan Ibu Nanik, pemilik Pisang Goreng Madu Bu Nanik, dan Ben Arghamulya, pemilik @Duniasabunofficial sekaligus pemenang Sahabat FINATRA 2023. Para narasumber berbagi pengalaman inspiratif dan memberikan motivasi bagi pelaku UMKM untuk lebih berani dalam mengembangkan usahanya.

Dalam talkshow tersebut, Ibu Nanik menyampaikan, "Keberanian untuk memulai dan terus belajar adalah kunci. Melalui program seperti Sahabat FINATRA, saya berharap semakin banyak pelaku UMKM yang mampu mengembangkan bisnis mereka dengan lebih baik. Jangan takut untuk mencoba hal baru, karena di sinilah kita belajar dan tumbuh." Ibu Nanik juga menekankan pentingnya inovasi dan konsistensi dalam mempertahankan bisnis.

Sementara itu, Ben Arghamulya yang merupakan salah satu pemenang Sahabat FINATRA 2023 mengatakan, "Bergabung dalam program Sahabat FINATRA tahun lalu membuka banyak peluang bagi saya. Dari pengalaman mentoring hingga memperluas jaringan bisnis, semuanya sangat membantu saya dalam mengembangkan usaha saya. Tahun ini, saya berharap peserta baru bisa lebih berani mengambil langkah maju dan memanfaatkan setiap kesempatan yang diberikan."

Dengan berlangsungnya Sahabat FINATRA tahun kedua ini, FIFGROUP berharap dapat terus memberikan manfaat bagi seluruh peserta UMKM serta menginspirasi berbagai pihak untuk mendukung pertumbuhan UMKM di Indonesia. "Kami optimis bahwa program ini akan membantu UMKM berkembang lebih lanjut dan meningkatkan kontribusi mereka terhadap perekonomian nasional," tutup Cicilia.


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER