Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Iptek > Qlue; Dukung Komoidoumenoi Stand-Up Comedy World Tour

Qlue; Dukung Komoidoumenoi Stand-Up Comedy World Tour

Iptek | Minggu, 23 Agustus 2020 | 14:53 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
Qlue; Dukung Komoidoumenoi Stand-Up Comedy World Tour

Qlue; Dukung Komoidoumenoi Stand-Up Comedy World Tour

Rangkaian pertunjukan yang digelar Pandji Pragiwaksono di 15 kota di Indonesia dan 20 kota di dunia

Surabaya, Kabarindo- Qlue menjadi mitra utama teknologi keamanan Covid-19 dalam penyelenggaraan Komoidoumenoi Stand-Up Comedy World Tour yang digelar oleh stand-up comedian Pandji Pragiwaksono.

Tur akan berlangsung di 15 kota di Indonesia dan 20 kota di dunia. Di Jakarta, acara digelar pada 20 Desember 2020 di Istora Senayan.

Qlue menyediakan teknologi untuk menegakkan protokol kesehatan sebagai langkah pencegahan penyebaran Covid-19 di acara tersebut. Qlue menyediakan QlueThermal, perangkat AI dan IoT untuk mengecek suhu tubuh serta penggunaan masker secara otomatis, QlueDashboard, untuk menganalisa data pengunjung yang didapat dari QlueThermal. Juga sebagai penyedia platform bagi pengunjung dalam melakukan pengecekan mandiri/self-assessment.

Founder dan CEO Qlue Rama Raditya, mengatakan penerapan protokol kesehatan yang didukung oleh teknologi Qlue akan meningkatkan rasa aman dan kenyamanan penonton.

QlueThermal telah terpasang dan teruji di beberapa gedung perkantoran dan rumah sakit di Jakarta sebagai standar keamanan dan kini siap mendukung penyelenggaraan pertunjukan seni ataupun aktivitas lainnya,” ujarnya.

QlueThermal merupakan solusi yang terdiri dari sensor pemindai suhu, sensor jarak dan kamera. Teknologi AI yang disematkan ke kamera QlueThermal mampu mendeteksi penggunaan masker dan mengenali lebih dari 100 jenis masker secara otomatis dengan tingkat akurasi 98%. Sensor suhu pada QlueThermal bisa mendeteksi suhu tubuh orang dengan akurasi 99% dengan jarak maksimal satu meter. Keseluruhan proses pendeteksian tersebut memakan waktu kurang dari satu detik. QlueThermal sudah digunakan di lebih dari 20 perusahaan multi-industri di Indonesia. Sampai saat ini, QlueThermal sudah mencatat lebih dari 65.000 data suhu dan penggunaan masker dari total lebih dari 150 perangkat.

QlueThermal juga bisa diintegrasikan ke kontrol akses pintu atau barrier gate yang memungkinkan sistem buka-tutup pintu secara otomatis berdasarkan kondisi suhu tubuh dan penggunaan masker. Untuk perkantoran, QlueThermal juga bisa berfungsi sebagai mesin absen contactless, yang memungkinkan karyawan melakukan absen melalui facial recognition meski orang tersebut mengenakan masker. Dengan ini, karyawan tidak perlu melakukan kontak fisik tidak langsung melalui mesin absen yang masih menggunakan kartu id atau sidik jari, sehingga mengurangi risiko penyebaran virus. Data absensi karyawan yang didapatkan dari QlueThermal juga bisa terintegrasi dengan sistem HRIS yang sudah ada, sehingga memudahkan manajemen untuk memantau absensi karyawan di kantor.

Implementasi teknologi IoT juga memungkinkan QlueThermal untuk mengirimkan data secara real time, sehingga seluruh perangkat di tempat berbeda bisa dipantau secara langsung melalui sebuah dashboard terintegrasi, QlueDahboard. Didukung oleh teknologi Al, QlueDashboard memiliki kemampuan untuk menganalisis seluruh data seiring waktu dan memberikan rekomendasi yang diperlukan untuk segera ditindaklanjuti secara efektif dan akurat. Hal ini memungkinkan para pemimpin organisasi atau perusahaan untuk memantau dan memahami korelasi data dan masalah, sehingga mempermudah proses analisis data. Keputusan yang diambil akan lebih cepat dan akurat dalam menyelesaikan masalah.

Untuk Komoidumenoi, sebanyak 10 perangkat QlueThermal akan dipasang di pintu masuk venue. QlueThermal akan meminimalisasi kontak fisik dan keterlibatan petugas di lapangan, sehingga petugas bisa dialokasikan secara lebih strategis. Qlue juga menyediakan platform pengecekan mandiri. Penonton harus mengisi beberapa pertanyaan tentang kondisi kesehatan, riwayat kontak, riwayat perjalanan hingga transportasi yang akan digunakan menuju venue. Hasil self-assessment akan menjadi syarat wajib untuk datang ke acara. Pandji juga akan menggunakan dashboard terintegrasi milik Qlue yang akan digunakan untuk analisis pengunjung.

Pandji mengatakan, Qlue akan memperkuat Komoidoumenoi Stand Up Comedy World Tour dengan QlueThermal yang akan membantu pihaknya dalam mendeteksi gejala Covid-19 tanpa melakukan kontak fisik.

“Penonton juga wajib melakukan pengecekan mandiri melalui platform yang disediakan oleh Qlue sebelum datang ke lokasi acara. Bagi yang sudah menggunakan QlueApp, mereka hanya perlu klik banner di aplikasi tersebut, ujarnya.

Penulis: Natalia Trijaji


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER