Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Hukum & Politik > Puan Maharani Minta Perketat Pengawasan Joki Karantina Covid-19

Puan Maharani Minta Perketat Pengawasan Joki Karantina Covid-19

Hukum & Politik | Jumat, 7 Januari 2022 | 23:58 WIB
Editor : amritawa

BAGIKAN :
Puan Maharani Minta Perketat Pengawasan Joki Karantina Covid-19

KABARINDO, JAKARTA - Puan Maharani meminta pemerintah memperketat pengawasan terkait masalah joki karantina Covid-19 yang belakangan diisukan makin sering terjadi.

Joki karantina adalah pihak yang membantu pelaku perjalanan internasional untuk lolos dan tidak menjalani karantina sesuai ketentuan dalam masa pandemi Covid-19.

Ketua DPR RI pun merasa pengawasan perlu ditingkatkan karena praktik joki karantina dapat membahayakan keselamatan masyarakat. 

"Aktivitas joki karantina sangat membahayakan keselamatan masyarakat. Pengawasan proses karantina bagi pelaku perjalanan internasional yang baru tiba di Tanah Air harus makin diperketat,” katanya, Jumat (7/1/2022).

Puan Maharani mencontohkan kasus yang baru saja terjadi di mana joki karantina membantu sejumlah warga negara India lepas dari kewajiban menjalani karantina.

Selain itu, joki karantina juga bisa menggantikan posisi orang yang seharusnya. Puan Maharani menegaskan kecurangan terhadap proses karantina ini dapat menyebabkan kasus Covid-19 tidak terdeteksi.

"Jika ada pelaku perjalanan yang positif Covid-19 dan tidak melakukan karantina, tentunya mereka akan menyebarkan virus tanpa terkendali. Ini yang akan membahayakan masyarakat,” kata Puan Maharani.

Pada kesempatan tersebut, Puan Maharani juga memberikan apresiasi kepada Kementerian Kesehatan, BIN, dan Polri yang telah bekerja sama untuk menghentikan aksi-aksi joki karantina

Puan Maharani Minta Perketat Pengawasan Joki Karantina Covid-19

Polri pun telah menerjunkan 618 personel untuk berjaga di 206 lokasi karantina agar dapat mengawasi proses karantina yang dilakukan para pelaku perjalanan luar negeri yang tiba di Indonesia.

"Semua petugas yang memiliki kewenangan terhadap program karantina ini harus bisa mewaspadai fenomena joki dan berbagai kecurangan lainnya, termasuk dari pihak bandara,” ujar Puan Maharani.

"Maka ketegasan petugas menjadi kunci. Jangan sampai abai dengan aturan dan jalankan tugas-tugas sesuai ketentuan yang berlaku. Ini untuk kebaikan kita bersama."

Sumber Berita: Antara
Foto: Instagram


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER