Prosesor AMD EPYC; Perluas Inovasi Performa dan Keamanan

Prosesor AMD EPYC; Perluas Inovasi Performa dan Keamanan

Prosesor AMD EPYC; Perluas Inovasi Performa dan Keamanan

Di seluruh portofolio virtual machines Microsoft Azure

Surabaya, Kabarindo- AMD mengumumkan momentum berkelanjutan dan kolaborasinya dengan Microsoft Azure, yang menawarkan prosesor AMD EPYC Generasi Ketiga dalam generasi terbaru Virtual Machines (VM) Dasv5 dan Easv5 Azure.

Azure juga memperkenalkan VM rahasia baru, DCasv5 dan ECasv5, yang menggunakan fitur keamanan canggih terbaru yang tersedia di prosesor EPYC Generasi Ketiga, termasuk Secure Encrypted Virtualization-Secure Nested Paging (SEV-SNP).

DCasv5 dan ECasv5 adalah VM rahasia berbasis prosesor EPYC pertama di Azure dan VM rahasia pertama yang menggunakan SEV-SNP, memungkinkan pelanggan memiliki data dalam aplikasi yang berfokus pada keamanan mereka yang dienkripsi saat digunakan, transit dan istirahat. VM Dasv5 terbaru dioptimalkan untuk beban kerja tujuan umum, sedangkan VM Easv5 dioptimalkan untuk beban kerja berbasis memori, memberikan rasio harga-performa yang lebih baik untuk sebagian besar tujuan umum dan beban kerja intensif memori dibandingkan dengan Microsoft Azure VM berbasis prosesor EPYC sebelumnya.

Lynn Comp, Corporate Vice President, Cloud Business Unit AMD, mengatakan dengan menggunakan VM Azure Dav5 dan Eav5 baru dengan CPU AMD EPYC terbaru, pelanggan akan mendapatkan akses ke performa terdepan dan performa harga fantastis untuk tujuan umum dan beban kerja memori yang dioptimalkan.

Selain itu, Azure menggunakan fitur keamanan canggih dari CPU EPYC untuk VM rahasia baru, sehingga pelanggan mereka dapat memperoleh manfaat dari performa dan keamanan untuk beban kerja mereka, ujarnya.

Vikas Bhatia, Head of Product, Azure Confidential Computing Microsoft, menambahkan Microsoft berkomitmen untuk memungkinkan industri beralih dari komputasi yang jelas ke komputasi secara rahasia di cloud dan edge.

“Kerja sama kami dengan AMD adalah salah satu langkah menuju visi ini, memberikan pelanggan akses ke VM rahasia Microsoft Azure dengan fitur keamanan hardware canggih dan pengalaman migrasi lift-and-shift migration, solusi untuk memenuhi keamanan yang diinginkan, ujarnya.

VM rahasia Azure dapat digunakan oleh pelanggan dengan persyaratan keamanan dan kerahasiaan tinggi untuk beban kerja mereka. Dengan menggunakan prosesor AMD EPYC, VM rahasia ini mendapat manfaat dari fitur keamanan berbasis hardware bertenaga yang memungkinkan VM unggul dalam analisis data yang menjaga privasi, beban kerja yang membutuhkan enkripsi kuat serta berbagi data di seluruh perusahaan dengan pengurangan eksposur ke data lain sekaligus mendapatkan manfaat dari wawasan bersama.

Azure juga mengaktifkan node pekerja di Azure Kubernetes Service (AKS) pada VM rahasia ini untuk membantu mengamankan container dengan enkripsi memori yang didukung oleh SEV-SNP.

VM Azure Dasv5 dan Easv5 tersedia sekarang, sedangkan VM rahasia Azure (DCasv5, ECasv5 dan AKS) akan tersedia dalam pratinjau publik pada akhir 2021 dan tersedia untuk umum pada 2022.