Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

Beranda > Berita Utama > Program MAKKAH - Makan Berkah; Dirilis Sahabat Yatim Indonesia

Program MAKKAH - Makan Berkah; Dirilis Sahabat Yatim Indonesia

Berita Utama | Minggu, 11 Juli 2021 | 07:26 WIB
Oleh : ARUL Muchsen

BAGIKAN :
Program MAKKAH - Makan Berkah; Dirilis Sahabat Yatim Indonesia

AKSI DI SAAT PANDEMI

Tangerang Selatan, Kabarindo- Tak terasa pandemi yang melanda tanah air kita sudah memasuki tahun kedua. Harapan untuk terbebas dari covid-19 ditahun kedua ini justru di luar dugaan dengan kemunculan varian baru yang penyebarannya sangat masiv.

Berbagai upaya dan skenario dilakukan oleh pemerintah untuk bisa mengatasi penyebaran virus covid-19 ini.

Mulai dengan program satu juta vaksin perhari hingga diberlakukannya PPKM darurat yang dimulai pada 3 hingga 20 Juli 2021 di wilayah Jawa Bali.

Keadaan seperti ini tentunya amat berpengaruh terhadap masyarakat, terutama terkait dengan kehidupan ekonominya. Apalagi bagi mereka yang bekerja di sektor informal. Kebijakan PPKM darurat dengan memberlakukan WFH 100% bagi pekerja non essensial dan kritikal serta pengetatan penjagaan dibeberapa titik penyekatan, membuat masyarakat kesulitan untuk menuju lokasi kerja guna mencari nafkah bagi keluarganya. Tapi kebijakan ini mau tidak mau, suka tidak suka memang harus di terapkan sebagai langkah memutus mata rantai penyebaran virus covid-19.

Banyak masyarakat yang mengerti akan penerapan kebijakan ini, tapi kebutuhan "perut" tidak bisa ditawar-tawar karena merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi, begitupun untuk keluarga mereka. Apalagi bagi mereka yang terpapar covid-19 dan harus menjalani isolasi mandiri. Tentunya aktifitasnya sangat terbatasi.

Melihat keadaan ini, Sahabat Yatim Indonesia yang saat ini sudah resmi menjadi Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) berinisiatif memberikan solusi dengan meluncurkan program "Makkah" (Makan Berkah). Selain merupakan bentuk sinergy dengan pemerintah, hal ini juga merupakan bentuk aksi kemanusiaan di saat PPKM darurat diberlakukan. Aksi ini dengan memberi makan siap saji siang dan sore khususnya bagi masyarakat yang sedang menjalani isolasi mandiri di rumah. Tak hanya itu, aksi ini juga di tujukan bagi keluarga yatim dan dhuafa, pesantren tahfidz, serta petugas medis vaksinasi.

"Kami melakukan aksi ini karena kepedulian terhadap saudara-saudara kita yang terdampak covid-19. Karena itu kami melakukannya dengan senang hati", ujar Sutisna, salah seorang relawan Laznas Sahabat Yatim Indonesia yang ditemui saat melakukan pembagian nasi kotak "Makkah" bagi mereka yang membutuhkan meski hari sudah menjelang malam.

Karena itu tak heran jika aksi ini menjadi viral bahkan sampai ke luar daerah seperti Subang, Bekasi, dan daerah lainnya. Banyak group WA yang menyebarkan postingan dari gerakan "Makkah" ini, meski untuk saat ini gerakan ini masih fokus dijalankan di kota Tangerang dan Tangerang Selatan.

Di lain tempat, Barkah, yang merupakan kasi pemberdayaan Laznas Sahabat Yatim Indonesia menyampaikan bahwa bagi siapa saja baik diri sendiri, keluarga, tetangga ataupun teman yang membutuhkan  makan berkah ini bisa menghubungi POS SIAGA COVID LAZNAS SAHABAT YATIM INDONESIA yang terletak di Jl. Graha Raya Blok M7 no.17, Cluster Bougenville, Tangerang Selatan - Banten. Atau bisa menghubungi WA dengan nomor 0878 4673 0550 (Indah), serta mengunjungi website  makanberkah.com

Penulis : Yudhi Permana


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER