Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Iptek > Profesi Pekerjaan Alternatif sebagai Dampak dari Fenomena “Zombie Unicorn”

Profesi Pekerjaan Alternatif sebagai Dampak dari Fenomena “Zombie Unicorn”

Iptek | Sabtu, 23 Juli 2022 | 14:14 WIB
Editor : Orie Buchori

BAGIKAN :
Profesi Pekerjaan Alternatif sebagai Dampak dari  Fenomena “Zombie Unicorn”

KABARINDO, JAKARTA - Istilah “Zombie Unicorn” hingga fenomena “Bubble Burst” yang merujuk pada kondisi perusahaan rintisan atau startup dengan valuasi tinggi tetapi goyah, sontak terdengar secara global belakangan ini. Bagaimana tidak di Indonesia sendiri tercatat beberapa perusahaan rintisan yang mengalami keterpurukan di tahun ini. Saking banyaknya perusahaan rintisan yang mengalami dampak tersebut, pada akhirnya harus melewati gelombang PHK atau Pemutusan Hubungan Kerja. Menurut data Badan Pusat Statistik, kurang lebih 2,56 juta orang mengalami pemutusan hubungan kerja akibat fenomena ini.

 

Pandemi Covid-19 yang terjadi selama lebih dari dua tahun hingga saat ini, ditambah dengan diberlakukannya pembatasan jarak turut mengubah cara setiap orang untuk berinteraksi. Setiap orang cenderung berkomunikasi menggunakan telepon seluler untuk kegiatan sehari-hari termasuk untuk bekerja. Teknologi komunikasi seperti telepon seluler memberikan peranan penting pada masa ini, termasuk mengubah pola kerja setiap orang menjadi lebih luwes dan secara tidak sadar menjadikannya sebagai kebiasaan.

 

  1. PHK sebaiknya tetap disikapi dengan semangat pantang menyerah. Justru keadaan ini harus bisa menjadi awal untuk menciptakan bisnis sendiri, dengan memanfaatkan modal telepon seluler seperti OPPO Reno7 Z 5G. Dua profesi berikut adalah contoh nyata pekerjaan yang bisa menjadi ladang penghasilan berbekal perangkat smartphone.

 

Fotografer

Menjadi fotografer tanpa terikat kontrak dengan perusahaan mana pun tentu saja ada keuntungannya tersendiri. Kamu bisa mengatur jadwal dan menentukan tempat bekerja sendiri, untuk menghasilkan foto-foto terbaik.

 

Untuk menghasilkan foto berkualitas profesional, kamu tidak harus menggunakan kamera DSLR. Kini hanya berbekal smartphone seperti OPPO Reno7 Z 5G, seseorang bisa menjadi seorang fotografer. Perangkat ini sudah dilengkapi dengan kamera utama 64 Megapixel yang memiliki diafragma besar F/1.7. Kehadiran diafragma besar ini membawa keuntungan karena memungkinkan banyak cahaya yang masuk ke sensor sehingga hasil foto akan terlihat lebih cerah.

 

Selain itu, kamera pada perangkat ini juga memiliki kapabilitas yang baik untuk memotret pada lokasi yang cahayanya kurang. Hal ini juga dimungkinkan dengan keberadaan diafragma besar F/1.7. OPPO Reno7 Z 5G dapat melakukan semua ini berkat triple ISP yang ada pada prosesor Snapdragon® 695 5G. Komponen ini memiliki keunggulan untuk menangkap gambar pada kondisi pencahayaan rendah. Hasil foto jepretanmu bisa kamu unggah dan “jual” di beberapa situs photo stock sehingga bisa menambah pendapatanmu.

 

Vlogger

  1. satu jenis pekerjaan lain yang bisa dilakukan dengan bermodal smartphone adalah menjadi vlogger. Kamu bisa membuat konten video untuk menceritakan pengalaman kamu bepergian, melakukan review sebuah produk, atau berbagi informasi mengenai tempat-tempat kuliner menarik. Dengan membuat konten sesuai minat, kamu tidak perlu seharian penuh berada di kantor. Sebaliknya kamu bisa mengeksplorasi banyak hal sesuai minat dan bakat kamu, misalnya menjadi travel vlogger kemudian bercerita mengenai tempat-tempat wisata.

 

Untuk menjadi vlogger, kamu tidak perlu menenteng kamera yang berat. Kamu bisa memanfaatkan kemampuan kamera di telepon seluler seperti OPPO Reno7 Z 5G. Kamera di perangkat ini mendukung 1080P@30 fps dan 720P@30 fps, yang dilengkapi dengan fitur stabilisasi video EIS sehingga hasil rekaman video terlihat stabil. Selain itu, perangkat OPPO Reno7 Z 5G juga sudah dilengkapi memori penyimpanan besar RAM 8GB dengan opsi ekspansi mulai dari 2GB, 3GB hingga 5GB. Sementara untuk penyimpanan Internal 128GB, yang dapat diperluas dengan microSD hingga 1TB.


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER