Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Internasional > Presiden Sri Langka Gotabaya Rajapaksa Melarikan Diri

Presiden Sri Langka Gotabaya Rajapaksa Melarikan Diri

Internasional | Rabu, 13 Juli 2022 | 15:34 WIB
Editor : Orie Buchori

BAGIKAN :
Presiden Sri Langka Gotabaya Rajapaksa Melarikan Diri

KABARINDO, KOLOMBO - Perdana Menteri (PM) Sri Lanka Ranil Wickremesinghe telah ditunjuk sebagai penjabat presiden saat petahana Presiden Gotabaya Rajapaksa berada di luar negeri. Hal ini diumumkan ketua parlemen pada Rabu (13/7/2022) ketika ribuan pengunjuk rasa menuntut kedua pria itu mundur.

"Karena ketidakhadirannya dari negara, Presiden Rajapaksa mengatakan kepada saya bahwa dia telah menunjuk perdana menteri untuk bertindak sebagai presiden sesuai dengan konstitusi," kata Mahinda Yapa Abeywardana dalam sebuah pernyataan singkat yang disiarkan televisi.

Diketahui, Gotabaya Rajapaksa melarikan diri dari negara itu pada Rabu (13/7/2022), beberapa jam sebelum dia dijadwalkan untuk mundur, setelah pemberontakan rakyat atas krisis ekonomi yang menghancurkan mengakhiri cengkeraman kuat keluarganya di negara itu.

Wickremesinghe menyatakan keadaan darurat ketika beberapa ratus orang mengepung kantornya di Kolombo mencoba menerobos kompleks itu melewati polisi dengan perlengkapan anti huru hara, memanjat pagar.

Polisi menembakkan beberapa putaran gas air mata dan sebuah helikopter militer berputar-putar di atas.

Ketika berita tentang penerbangan Presiden menyebar, ribuan orang berkumpul di lokasi protes utama di Kolombo meneriakkan "Gota pencuri, Gota pencuri", merujuk padanya dengan nama panggilan.

Pelarian Presiden mengakhiri kekuasaan klan Rajapaksa yang kuat yang telah mendominasi politik di negara Asia Selatan itu selama dua dekade terakhir.

Protes terhadap krisis ekonomi telah membara selama berbulan-bulan dan memuncak akhir pekan lalu ketika ratusan ribu orang mengambil alih gedung-gedung penting pemerintah di Kolombo, menyalahkan Rajapaksa dan sekutu mereka atas inflasi yang tak terkendali, korupsi dan kekurangan bahan bakar dan obat-obatan.

Sumber dan pembantu pemerintah mengatakan saudara laki-laki presiden, mantan perdana menteri Mahinda Rajapaksa dan mantan menteri keuangan Basil Rajapaksa, masih berada di Sri Lanka.

Angkatan udara dalam sebuah pernyataan mengatakan Gotabaya Rajapaksa, istri dan dua pengawalnya meninggalkan bandara internasional utama dekat Kolombo dengan pesawat Angkatan Udara Sri Lanka pada Rabu pagi (13/7/2022).

Sebuah sumber pemerintah dan seseorang yang dekat dengan Rajapaksa mengatakan Presiden berada di Male, ibu kota Maladewa. Presiden kemungkinan besar akan melanjutkan ke negara Asia lain dari sana. Foto : AF


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER