Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

Beranda > Iptek > Presiden: Pagar Alam "Pioneer" Kota Nol Emisi

Presiden: Pagar Alam "Pioneer" Kota Nol Emisi

Iptek
Oleh : Hauri Yan

BAGIKAN :
Presiden: Pagar Alam "Pioneer" Kota Nol Emisi

KABARINDO, PAGAR ALAM – Kota Pagar Alam di Sumatera Selatan menjadi pusat perhatian Presiden Joko Widodo atas upaya pengembangan energi hijau atau ramah lingkungan. Kota yang terletak di kaki Gunung Dempo ini mulai menggunakan listrik dari energi mikrohidro (pembangkit listrik skala kecil). Pagar Alam diharapkan menjadi pioneer kota dengan nol emisi (bebas polusi) di Indonesia.

Demikian disampaikan Presiden dalam acara apresiasi Kota Pagar Alam atas Pengembangan Energi Hijau di Lapangan Merdeka, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan, Senin (24/01/2022).

“Ini akan menjadi kota dengan zero emission yang pertama kalau nanti bisa ditindaklanjuti. Ini baru listrik rumah tangga dan penggunaan listrik yang lainnya, kalau ditindaklanjuti nanti penggunaan kendaraannya listrik, penggunaan mobilnya listrik, Pagar Alam akan menjadi kota yang pertama di Indonesia yang menggunakan energi hijau,” ujar Presiden.

Presiden mengatakan, saat ini semua negara mulai merencanakan menuju ke energi baru terbarukan, baik itu menggunakan energi matahari, hydropower, geotermal, panas bumi, arus bawah laut, panas permukaan laut, maupun angin. Indonesia memiliki potensi besar dalam pengembangan energi baru terbarukan tersebut.

“Setelah kita hitung-hitung energi baru dan terbarukan yang kita miliki itu ada kurang lebih —hitungan terakhir tapi saya kira itu belum final— 418.000 megawatt yang kita miliki, baik itu dari tenaga air, hydropower, baik itu dari panas bumi, geotermal, baik itu dari tidal arus bawah laut, baik itu dari panas permukaan laut, baik itu dari angin, dan baik itu dari tenaga surya, semuanya kita miliki,” lanjutnya.

Dengan pengembangan energi hijau serta didukung keindahan alamnya, Kepala Negara meyakini seluruh Tanah Air akan melihat keindahan Kota Pagar Alam. Presiden juga menuturkan bahwa pemerintah pusat akan terus mendukung pengembangan energi hijau di Pagar Alam.

“Saya tadi sudah menyampaikan kepada Pak Menteri BUMN, kepada Pak Gubernur Sumatera Selatan, kepada juga Pak Wali Kota Pagar Alam agar mulai direncanakan. Pemerintah pusat akan membantu di tempat-tempat yang bisa kita bantu,” imbuhnya. Red dari kominfo.go.id


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER