Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Berita Utama > Presiden Jokowi Meresmikan Waduk Pidekso Wonogiri

Presiden Jokowi Meresmikan Waduk Pidekso Wonogiri

Berita Utama | Rabu, 29 Desember 2021 | 06:02 WIB
Editor : Orie Buchori

BAGIKAN :
Presiden Jokowi Meresmikan Waduk Pidekso Wonogiri

KABARINDO, WONOGIRI  -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmikan  Waduk Pidekso di Desa Pidekso, Kecamatan Giriwoyo, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah Selasa (28/12/2021).

Bendungan senilai Rp 722 miliar itu mampu menyuplai irigasi untuk sawah seluas 1.500 hektare. Preseden Jokowi mengatakan, proses pembebasan tanah telah dimulai sejak 2014. Dan adapun pekerjaan konstruksinya dimulai 2017.

Peresmian juga dihadiri Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Bupati Wonogiri Joko 'Jekek' Sutopo.

Presiden menambahkan, Pemerintah saat ini sedang membangun bendungan-bendungan di berbagai daerah. Sebelum meresmikan Waduk Pidekso di Wonogiri, pada hari yang sama Presiden juga meresmikan Bendungan Ladongi di Kabupaten Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Menurutnya, jika kemandirian pangan dan kedaulatan pangan ingin tercapai, waduk adalah kuncinya.

"Air merupakan kunci. Oleh sebab itu, kita bangun waduk di seluruh provinsi di Indonesia," ujarnya.

Waduk Pidekso mempunyai daya tampung air hingga 25 juta meter kubik dengan luas genangan waduk mencapai 232 hektare. Pembangunan waduk semula ditargetkan selesai pada Desember 2022. Namun, targetnya dipercepat menjadi Desember 2021.

Waduk Pidekso mampu menyuplai irigasi untuk 1.500 hektare sawah di Kecamatan Giriwoyo dan Baturetno. Selain itu bermanfaat memasok air baku hingga 300 m3 per detik, pengendali banjir, perikanan dan pariwisata.




RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER