Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Olahraga > Presiden Jokowi ke Pelatih PFA: Bapak Titip Anak-anak, ya Coach

Presiden Jokowi ke Pelatih PFA: Bapak Titip Anak-anak, ya Coach

Olahraga | Jumat, 2 September 2022 | 12:44 WIB
Editor : Orie Buchori

BAGIKAN :
Presiden Jokowi ke Pelatih PFA: Bapak Titip Anak-anak, ya Coach

KABARINDO, JAYAPURA - Presiden Joko Widodo telah resmi meluncurkan Papua Football Academy di Stadion Lukas Enembe, Jayapura, pada Rabu (31/8/2022) bukan rahasia lagi.

Namun, tak banyak yang mengetahui apa saja titipan Jokowi ke pelatih PFA.

Kehadiran Papua Football Academy memang tak bisa lepas dari Presiden Jokowi. Dampak dari kesuksesan Papua menggelar PON XX, Jokowi memanggil petinggi PT Freeport Indonesia. 

Kepada Presiden Direktur PT Freeport Indonesia, Tony Wenas, Jokowi meminta dibentuk akademi sepak bola sebagai bagian dari pembangunan karakter anak Papua. Pada Rabu, 31 Agustus 2022, keinginan Presiden Indonesia itu resmi diwujudkan.

Sebelum Presiden Jokowi melakukan tendangan bola passing pertama sebagai bagian dari seremoni peluncuran Papua Football Academy, Presiden Jokowi menerima bola dari Direktur Akademi Wolfgang Pikal dan Kepala Pelatih Ardiles Rumbiak untuk dibubuhkan tanda tangan. 

Sesuai harapan anak-anak, Jokowi bersedia melakukan tendangan pertama untuk memulai prosesi latihan siswa Papua Football Academy. Presiden tampak serius melihat dan memerhatikan aktivitas latihan yang dilakukan siswa akademi sepak bola yang secara penuh dibiayai PT Freeport Indonesia.

Sambil melihat-lihat prosesi latihan tersebut, Presiden memanggil pelatih Wolfgang Pikal dan Ardiles Rumbiak. Perbincangan menyangkut penjelasan Wolfgang mengenai materi latihan serta beberapa program lain yang diberikan kepada siswa PFA.

Pelatih Ardiles Rumbiak juga menjelaskan proses perekrutan siswa PFA yang digelar pada Juni 2022 di 3 wilayah, yakni Timika, Merauke, dan Jayapura.

"Kami memakai sistem cari bakat, bukan seleksi karena pengertiannya berbeda. Bakat yang kami cari masih alami dan tidak sedikit pesertanya yang berasal dari pelosok desa," ujar Ardiles, mantan pemain Persipura.

Kemudian, Ardiles mendapatkan pesan dan arahan dari Presiden Jokowi.

"Anda harus bisa mengubah kebiasaan dan gaya hidup, serta pola pikir anak-anak Papua agar menjadi lebih baik. Banyak kebiasaan buruk yang masih menjadi persoalan hingga sekarang," kata Jokowi.

Tak hanya itu, Ardiles mendapatkan tambahan pesan dari orang nomor satu di negeri ini. Kata Presiden RI itu, "Bapak titip anak-anak, ya coach." 

"Sungguh pesan yang sangat berarti bagi saya. Presiden kita memberi perhatian yang begitu besar bagi pembangunan karakter manusia di Papua. Lewat sepak bola, kita bisa melahirkan individu-individu yang lebih baik," kata Ardiles, mantan pelatih Persemi Mimika (2018-2019) dan Belitong FC (2021).


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER