Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Berita Utama > Presiden Jokowi Calonkan Jendral Andika Perkasa Jadi Panglima TNI

Presiden Jokowi Calonkan Jendral Andika Perkasa Jadi Panglima TNI

Berita Utama | Rabu, 3 November 2021 | 12:23 WIB
Editor : Sebastian Renaldi

BAGIKAN :
Presiden Jokowi Calonkan Jendral Andika Perkasa Jadi Panglima TNI

JAKARTA, Kabarindo.com :  - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI)I telah menerima Surat Presiden (surpres) Presiden Joko Widodo (Jokowi) tentang calon panglima TNI.

Puan Maharani, Ketua DPR RI mengatakan bahwa Jokowi mencalonkan Jenderal Andika Perkasa. Andika sendiri sempat menjabat Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspamres).

"Presiden hanya mengusulkan satu nama kepada DPR RI. Karena itu pada hari ini melalui menseneg telah menyampaikan surpres atas nama Jenderal TNI Andika Perkasa," ujar Puan di DPR RI pada Rabu  (3/11/2021).

Dirinya juga mengatakan pergantian panglima TNI saat ini mengikuti siklus masa jabatan menyusul akan pensiunnya panglima sekarang. Andika Perkasa sendiri saat ini dipercaya menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) sejak November 2018.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto sendiri akan memasuki masa pensiun pekan ini, yang telah diembannya menjadi Panglima TNI sejak 2017.

Dikuttip dari berbagai sumber, Jendral Andika merupakan lulusan Akmil tahun 1987. Ia mengawali karir di Grup 2/Para Komando Kopassus. Ia kemudian juga sempat bertugas di satuan elite penanggulangan teror, Sat 81 Gultor Kopassus.

Andika juga pernah bertugas di Departemen Pertahanan pada 2001. Pria kelahiran Bandung, 21 Desember 1964, itu juga pernah berkarir di BAIS.

Pada 2002, Andika diangkat menjadi Danyon 32 Grup 3/Sandha Kopassus. Setelah beberapa kali pindah tugas, ia kemudian dipromosikan menjadi Komandan Rindam Jaya pada 2011. Lewat jabatan ini, Andika memperoleh kenaikan pangkat menjadi kolonel.

Pada pertengahan 2012, Andika diangkat menjadi Komandan Korem 023/Kawal Samudera di Sibolga. Belum ada setahun, ia lalu dipromosikan menjadi Kepala Dinas Penerangan TNI AD, yang mengantarkannya meraih bintang satu di pundak alias pangkat brigadir jenderal (brigjen).

Hanya 11 bulan menjadi Kadispenad, Andika diangkat menjadi Komandan Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres) pada Oktober 2014. Andika dipilih sendiri oleh Presiden Joko Widodo. Menantu eks Kepala BIN Hendropriyono ini pun mendapat kenaikan pangkat menjadi mayor jenderal (mayjen).

Sekitar dua tahun menjadi Danpaspampres, Andika kemudian dipromosikan menjadi Pangdam XII/Tanjungpura pada Mei 2016. Karir Andika terus menanjak.

Pada 2018, Andika tiga kali mendapat promosi. Pada awal 2018, ia diangkat menjadi Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan, dan Latihan (Dankodiklat) TNI AD. Jabatan ini mengantarkan Andika memperoleh bintang tiga atau letnan jenderal (letjen).

Pada Juli, Andika kembali mendapat promosi. Ia diangkat menjadi Panglima Kostrad (Pangkostrad) menggantikan Letjen Agus Kriswanto, yang pensiun.

Baru lima bulan menjabat sebagai Pangkostrad, Andika kini menjabat pimpinan tertinggi TNI AD. Andika dilantik menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) oleh Presiden Jokowi di Istana Negara, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Kamis (22/11).

Andika juga diketahui banyak menghabiskan waktu untuk studi di luar negeri di awal kariernya. Ia memiliki 3 gelar master dari universitas di Amerika Serikat. Andika pernah mengemban pendidikan di Norwich University. Kemudian pada 2003, Andika melanjutkan studi di National War College (NWC), yang merupakan bagian dari National Defense University, Washington, DC.

Dua tahun kemudian, Andika belajar di George Washington University, yang juga berada di Washington, DC. Ia juga merupakan lulusan terbaik Seskoad angkatan 1999/2000.

Untuk pengalaman operasi militer, Andika diketahui pernah memimpin penangkapan seorang yang dituduh sebagai pimpinan Al Qaeda, Omar Al-Faruq, di Bogor, pada 2002.

Ia juga disebut pernah melaksanakan operasi Timor Timur pada 1990, operasi teritorial di lokasi yang sama pada 1992, dan operasi bakti TNI di Aceh pada 1994. Dia juga disebut-sebut pernah melakukan misi operasi khusus di Papua.
 


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER