Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

Beranda > Ekonomi & Bisnis > Potensi Besar, Pemerintah Sumsel Harap Muara Enim Mandiri Pangan

Potensi Besar, Pemerintah Sumsel Harap Muara Enim Mandiri Pangan

Ekonomi & Bisnis
Oleh : Awan Fauzi

BAGIKAN :
Potensi Besar, Pemerintah Sumsel Harap Muara Enim Mandiri Pangan

KABARINDO, MUARA ENIM - Memiliki potensi besar, pemerintah Sumatera Selatan berharap Muara Enim bisa mencakupi mandiri pangan.

Hal tersebut disampaikan oleh Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru, dalam acara Sedekah Dusun di Desa Lebak Budi, Kabupaten Muara Enim.

“Harus diubah cara pikir, jangan terpaku menjadi pembeli tapi jika bisa menjadi penghasil dan penjual,” ujarnya.

Herman mengatakan masyarakat perlu memanfaatkan area pekarangan atau lahan sekecil apapun untuk berkebun, hasilnya bisa untuk diri sendiri atau bahkan dijual.

Gerakan ini menurut Herman sangat penting, apabila warga sadar akan potensi dan kemudian bisa menjaga ketahanan pangan keluarga, maka ketahanan pangan nasional juga akan tercapai.

"Pemprov Sumsel terus menggalakkan program Gerakan Sumsel Mandiri Pangan di setiap kabupaten/kota, dan kini telah sampai ke desa-desa,” kata Herman.

Menurut pemprov Sumsel, ketahanan pangan keluarga ini bisa dicapai dengan  pengembangan ketersediaan, distribusi, dan konsumsi pangan dengan memanfaatkan sumber daya secara berkelanjutan.

Keluarga bisa memanfaatkan pekarangan rumah untuk menanam sayur, cabai, hingga rempah-rempah.

Selain itu, budidaya ikan dengan kolam kecil juga bisa dilakukan, selain budidaya ayam untuk diambil daging dan telurnya.

Pemerintah Kabupaten Muara Enim sudah mulai melaksanakan program ini dengan menyalurkan bibit ikan dan jagung kepada warga.

Sumber: Antara
Foto: Antara


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER