Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

Beranda > Olahraga > Pole Position Kelima Bagnaia

Pole Position Kelima Bagnaia

Olahraga | Sabtu, 6 November 2021 | 22:28 WIB
Oleh : Mulkia Hakim

BAGIKAN :
Pole Position Kelima Bagnaia

Pebalap Italia, Francesco Bagnaia mendapatkan pole position usai pecahkan rekor lap pada kualifikasi GP Algarve, Sabtu (5/11/2021). Ini merupakan pole position kelima Bagnaia. Sementara juara dunia MotoGP 2021, Fabio Quartararo, hanya mampu start dari urutan ke tujuh.

Seperti dikutip Motorsport.com, sesi perebutan posisi start terbaik diawali dengan Q1. Dua pembalap tampil begitu menonjol sepanjang kualifikasi pertama ini, yakni Johann Zarco (Pramac Racing) dan Iker Lecuona (Tech3).

Beberapa kali keduanya berebut urutan teratas. Namun, pada akhirnya, Zarco yang keluar sebagai tercepat. Dia melaju ke Q2, ditemani oleh Lecuona yang mengalahkan Enea Bastianini serta Aleix Espargaro.

Sedangkan raihan mengecewakan didulang rider tuan rumah, Miguel Oliveira, yang gagal menemukan kecepatan. Dia harus puas menuntaskan sesi pada urutan ke-17, dua tingkat di atas rekan setim Brad Binder.

Kemudian, jalannya Q2 tidak kalah serunya. Perhatian utama jelas kembali tertuju kepada Bagnaia dan Quartararo. Sejak FP1 hingga FP4, kedua pembalap selalu tampil ngotot demi mencatatkan lap time paling kencang.

Akan tetapi, pada kualifikasi kedua ini, entah kenapa Quartararo justru mengendur. Sebaliknya sang rival, Bagnaia, begitu gemilang sepanjang Q2. Setelah merebut posisi puncak dari tandemnya, Jack Miller, laju kencang Italia itu tak terbendung.

Seusai menorehkan 1 menit 38,775 detik, Bagnaia rupanya belum puas. Tepat ketika sesi kualifikasi kedua tersisa waktu 30 detik, pemuda yang akrab disapa Pecco itu mempertajam lap time miliknya menjadi 1 menit 38,725 detik.

Catatan waktu itu sendiri merupakan rekor lap di Sirkuit Algarve. Selain itu, pole positioini merupakan yang kelima secara beruntun. Sebelumnya dia start terdepan di Aragon, San Marino, Amerika, dan seri Emilia Romagna.

Keberhasilan Bagnaia makin lengkap dengan Miller yang membawa Ducati mendominasi dua besar hasil kualifikasi. Lalu, Joan Mir yang untuk pertama kalinya front row. Kali terakhir pembalap Suzuki itu melakukannya di Moto3 Malaysia 2017.

Bagaimana dengan sang juara dunia? Quartararo hanya mampu menduduki posisi ketujuh. El Diablo sebenarnya sempat merangsek naik ke urutan ketiga. Sayang, waktu lapnya terpaksa dihapus karena track limit di Tikungan 14.

Saat itu, terjadi kecelakaan yang dialami Luca Marini. Dalam momen bersamaan, Quartararo sedang menempuh hot lap. Start baris ketiga jelas bukan hal yang bagus. Ini kedua kalinya berturut-turut pembalap Yamaha itu tidak di barisan depan.

Race MotoGP Algarve akan digelar pukul 20.00 WIB malam pada Minggu (7/11).


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER