Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Iptek > PNJ Gelar PBL EXPO 2023: Pameran Karya-karya Inovatif Mahasiswa dan Mitra Industri

PNJ Gelar PBL EXPO 2023: Pameran Karya-karya Inovatif Mahasiswa dan Mitra Industri

Iptek | Rabu, 18 Oktober 2023 | 11:49 WIB
Editor : Orie Buchori

BAGIKAN :
PNJ Gelar PBL EXPO 2023: Pameran Karya-karya Inovatif Mahasiswa dan Mitra Industri

KABARINDO, DEPOK - Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) menggelar PBL EXPO x Competitive  Fund 2023 di Aula Perpustakaan PNJ lantai 3, kawasan Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Rabu (18/10/2023). 

ketua panitia, Novi Purnama Sari, S.T., M.Si, mengungkapkan bahwa kegiatan PBL EXPO 2023 merupakan kegiatan yang baru pertama kali digelar berisi memarkan atau mempublikasikan karya-karya hasil karya yang paling diminati oleh mahasiswa PNJ.

"Selain pameran, kami juga mengadakan seminar bersama narasumber yang sudah ahli dibidangnya, workshop PBL yang dipaparkan oleh Mahasiswa yang mengerjakan project tersebut serta ada juga sosialisasi beasiswa," papar Novi yang juga menjelaskan Expo ini diikuti 8 stand untuk jurusan yang ada di PNJ dan 14 booth vendor dari eksternal PNJ.

"Karena ini Expo yang perdana, semoga akan dilaksanakan setiap tahunnya. Tujuan dari PBL EXPO itu sendri adalah memberikan rasa percaya diri kepada mahasiswa bahwa mereka bisa dan mampu menghasilkan produk hasil dari PBL . PBL sendiri adalah tujuannya untuk memberikan pengalaman atau pengetahuan lebih mendalam tidak teori tapi juga praktek di lapangan dengan berkolaborasi berbagai bidang ilmu sehingga mahasiswa benar-benar merasakan mengimplementasi ilmu itu dengan praktek langsung menghasilkan karya-karya terbaik,"imbuhnya lagi.

PNJ Gelar PBL EXPO 2023: Pameran Karya-karya Inovatif Mahasiswa dan Mitra IndustriPNJ Gelar PBL EXPO 2023: Pameran Karya-karya Inovatif Mahasiswa dan Mitra Industri

Sementara itu, Wakil Direktur Bidang Akademik Nunung Martina, M.T sebagai penanggung jawab acara, menambahkan dari segi pimpinan bahwa PBL ini ada peraturan.  

"Jadi Direktur PNJ lakukan perjanjian atau kontrak dengan direktorat jenderal vokasi. Dari kontrak kinerja itu ada indikator kinerja ada 8 Indikator Kinerja Utama (IKU) sesuai keputusan Menteri No 210 tahun 2023 bahwa PBL ini masuk IKU yang ke-7 terkait dengan berapa banyak mata kuliah yang menerapkan PBL. Diharapkan pada PBL Expo bisa menghasilkan produk inventaris buat PNJ" terangnya. 

PNJmemiliki visi untuk menjadi "Politeknik Unggul Bertaraf Internasional Untuk Mendukung Daya Saing Bangsa", sehingga selalu berupaya untuk 
 menghasilkan lulusan yang kompeten dan professional sesuai dengan standar kebutuhan industri. 

Untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan metode pembelajaran sistematis yang 
 melibatkan mahasiswa dalam mempelajari pengetahuan penting dan 21st Century Skills melalui  sebuah real-world project yang terstruktur, kompleks dan otentik. Pembelajaran ini dikenal dengan istilah Project Based Learning. Project-Based Learning (PBL) adalah metode pendidikan yang berfokus pada pemberian tugas atau proyek kepada mahasiswa untuk mengembangkan pemahaman mereka tentang materi pelajaran tertentu melalui pengalaman praktis.

Pendekatan ini berbeda dari pembelajaran konvensional yang seringkali lebih terpusat pada kuliah, bacaan, atau pelajaran teoritis. 

21st Century Skills, mengacu pada sekumpulan kemampuan, pengetahuan, dan karakteristik pribadi yang dianggap penting untuk berhasil dalam dunia yang terus berubah dan berkembang pada abad ke-21. 

PNJ menggelar Proyek Based Learning (PBL) Expo, pameran yang menghadirkan karya-karya inovatif hasil kolaborasi mahasiswa dan mitra industri. Acara ini berlangsung selama tiga hari, dimulai dari tanggal 18 hingga 20 Oktober 2023. Dalam expo ini, mahasiswa memamerkan beragam proyek yang menggabungkan kreatifitas dan solusi teknologi terkini dari seluruh program studi yang ada di PNJ.

PBL Expo tidak hanya memiliki dampak internal di kalangan mahasiswa dan kampus, tetapi juga memiliki hubungan erat dengan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang digagas oleh pemerintah yang memungkinkan mahasiswa berpikir kritis dan kreatif dalam menyelesaikan 
masalah yang sedang dihadapi.

PNJ Gelar PBL EXPO 2023: Pameran Karya-karya Inovatif Mahasiswa dan Mitra Industri

Selain internal PNJ, acara ini melibatkan mitra industri, siswa-siswi SMK/SMA se-Jabodetabek serta narasumber teknik/non-teknik yang memberikan pemaparan materi yang menarik serta  motivasi kepada para audience. 

"PBL Expo ini bisa terlaksana karena semua program study memiliki kerjasama dengan mitra industri. Di mana mitra itu juga ikut merancang kurikulum, kemudian semua mahasiswa terlibat dalam magang kerja dan berkomunikasi dengan industri untuk mengidentifikasi kebutuhan industri bisa dijadikan projeck dari sisi mahasiswa dari segi studynya namun menghasilkan produk dan bisa juga dimanfaatkan oleh industri," terang Dewi Liliana, Wakil Direktur Bidang Kerja Sama PNJ.

Melalui penyelenggaraan PBL Expo x Competitive Fund 2023, PNJ berkomitmen untuk terus mendorong perkembangan inovasi di kalangan mahasiswa, memberikan wadah bagi ide-ide   kreatif, dan menjalin kemitraan yang kokoh dengan industri untuk kemajuan bersama. Foto: Orie Buchori/KABARINDO.Com


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER