Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Internasional > Pilpres Turki 2023: Recep Tayyip Erdogan Klaim Kemenangan

Pilpres Turki 2023: Recep Tayyip Erdogan Klaim Kemenangan

Internasional | Senin, 29 Mei 2023 | 05:52 WIB
Editor : Orie Buchori

BAGIKAN :
Pilpres Turki 2023: Recep Tayyip Erdogan Klaim Kemenangan

KABARINDO, ISTANBUL - Pilpres Turki memasuki babak akhir dalam perebutan pucuk pimpinan negara tersebut. Dari hasil suara perhitungan tak resmi yang dirilis kantor berita Anadolu yang sudah mencapai 90 persen, petahana Recep Tayyip Erdogan terus memimpin.

Perhitungan itu menempatkan Erdogan unggul dan meraih 52,08 persen suara, sedangkan lawannya, Kemal Kilicdaroglu hanya meraih 47,92 persen.

Erdogan pun mendeklarasikan kemenangannya dalam Pilpres Turki, Minggu (28/5/2023) malam waktu setempat.

Hasil penghitungan resmi masih menunggu dari Badan Pemilu Tinggi (YKS). Namun berdasarkan penghitungan sementara, Erdogan unggul dengan meraih 53,4 persen suara, sementara Kilicdaroglu 46,6 persen. Total suara masuk 75,4 persen.

Erdogan menyambut kemenangan bersama para pendukung di Istanbul. Dia berterima kasih kepada semua warga Turki yang telah mendukungnya.

"Terima kasih kepada semua warga negara ini, yang sekali lagi memercayakan kepada kami tanggung jawab memerintah Turki untuk 5 tahun mendatang," ujarnya, dikutip dari Al Jazeera, Senin (29/5/2023).

Dia juga berterima kasih kepada rakyat Turki secara keseluruhan yang telah berpartisipasi dalam pesta demokrasi yang damai. Erdogan menambahkan, seluruh 85 juta warga Turki adalah pemenang dari pilpres dan pemilu legislatif. Pilpres Turki digelar dalam dua putaran yakni pada 14 dan 28 Mei.

“Insya Allah kami layak mendapat kepercayaan dari Anda, sebagaimana telah kami lakukan selama 21 tahun terakhir,” kata Erdogan.


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER