Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Ekonomi & Bisnis > Perusahaan di Indonesia Harus Berdayakan Produktivitas Tenaga Kerja Sebelum Berinvestasi dalam Teknologi

Perusahaan di Indonesia Harus Berdayakan Produktivitas Tenaga Kerja Sebelum Berinvestasi dalam Teknologi

Ekonomi & Bisnis | Minggu, 11 September 2022 | 17:47 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
Perusahaan di Indonesia Harus Berdayakan Produktivitas Tenaga Kerja Sebelum Berinvestasi dalam Teknologi

Perusahaan di Indonesia Harus Berdayakan Produktivitas Tenaga Kerja Sebelum Berinvestasi dalam Teknologi

Surabaya, Kabarindo- Perusahaan solusi teknologi informasi (TI) yang berbasis di Filipina, Kation Technologies Inc., memperluas operasinya di Indonesia melalui joint venture dengan teknopreneur Yusuf Khyber Hasnoputro.

Didirikan pada 2015, Kation Technologies Inc. melayani dan membantu perusahaan-perusahaan di Asia Pasifik yang sedang berkembang dan berusaha mentransformasikan bisnis mereka secara digital.

Melalui joint venture ini, Kation Technologies Indonesia hadir untuk mempercepat transformasi digital bagi UKM di tanah air dengan pendekatan yang lebih strategis serta berpusat pada kebutuhan pegawai (human-centered), beralih dari investasi teknologi ke investasi bisnis yang berpusat pada data untuk pengambilan keputusan dan menentukan pengembalian investasi (ROI) yang jelas dan terukur.

Yusuf, Presiden Direktur Kation Technologies Indonesia, mengatakan perusahaan sering kali menganggap inisiatif transformasi digital mereka sebagai tujuan akhir dan sudah memutuskan penggunaan platform teknologi tertentu. Transformasi digital tidak hanya tentang mengadopsi teknologi paling mutakhir, tetapi juga memberdayakan tenaga kerja yang sudah ada untuk produktivitas yang lebih tinggi.

“Merancang inisiatif transformasi digital yang sukses membutuhkan keterlibatan karyawan yang memiliki pengetahuan mendalam tentang apa yang dilakukan dan apa yang tidak dalam operasi sehari-hari mereka,” ujarnya pada Minggu (11/9/2022).

Andoni Albert, Presiden dan CEO Kation Technologies Inc., menambahkan implementasi solusi yang human-centered pada kebutuhan pegawai seperti itu akan mendorong perubahan terukur dalam operasi bisnis. Teknologi hanyalah alat. Memilih teknologi mana yang tepat, efektif dan efisien merupakan langkah terakhir dari proses transformasi digital.

“Kami percaya teknologi dibuat oleh masyarakat dan untuk masyarakat. Karena itu, inisiatif transformasi digital perlu dipandu oleh strategi bisnis yang menjawab kebutuhan semua lapisan struktur organisasi secara inklusif dari atas sampai ke bawah. Mendorong perubahan bisnis yang nyata dan efektif membutuhkan dukungan karyawan yang percaya bahwa transformasi digital adalah sarana yang memungkinkan mereka menjadi lebih baik dalam pekerjaan," terangnya.

Kation Technologies Indonesia akan berkolaborasi dengan para pemimpin bisnis dan pemimpin TI di dalam organisasi dalam menciptakan inisiatif digital dengan berbagai program pelatihan yang akan meningkatkan produktivitas masyarakat Indonesia dan pendapatan per kapita negara.

Pada 2021, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) menggarisbawahi Roadmap Indonesia Digital Tahun 2021 – 2024 sebagai pedoman strategis untuk memfasilitasi transformasi digital Indonesia di empat sektor: infrastruktur digital, pemerintahan digital, ekonomi digital dan warga digital.

Yusuf mengatakan, pemerintah Indonesia berfokus pada digital onboarding lebih dari 64 juta UMKM di seluruh negeri, mendorong mereka untuk Go Digital dan Go Global. Pemerintah juga menargetkan 30 juta UMKM go digital pada 2024. Kation Technologies Indonesia berkomitmen untuk mendukung percepatan transformasi digital bagi perusahaan-perusahaan tersebut dan mewujudkan masyarakat digital sebagai landasan ekonomi digital yang berkembang.

Di Kation Technologies Indonesia, para ahli memberikan layanan konsultansi dan mengembangkan sistem dengan teknologi next wave dari solusi suite dan platform terbaik. Hal ini termasuk aplikasi bisnis next-gen seperti Enterprise Resource Planning (ERP), sebuah sistem manajemen terintegrasi untuk operasi bisnis yang efektif dan efisien. UMKM dapat menggunakan ERP untuk mengelola operasi bisnis sehari-hari mulai dari akuntansi, pengadaan, manajemen proyek, manajemen risiko dan kepatuhan, operasi rantai pasokan, Manajemen Hubungan Pelanggan (CRM) untuk mengelola penjualan, layanan pelanggan, layanan yang diajukan dan operasi proyek.

“Layanan dan produk yang kami berikan memungkinkan klien kami memecahkan tantangan bisnis mereka yang paling kompleks dengan menggabungkan hal terbaik dari dunia digital dengan realitas fisik dunia nyata. Dalam lanskap bisnis yang sering berubah cepat, memilih solusi yang tepat hanyalah setengah jalan dari tantangan sesungguhnya. Transformasi nyata terjadi ketika orang mendapatkan solusi langsung dan mulai menggunakannya untuk kebaikan,” ujar Andoni.


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER