Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Gaya hidup > Perkuat Fisik, Hati dan Pikiran Selama Ramadhan

Perkuat Fisik, Hati dan Pikiran Selama Ramadhan

Gaya hidup | Senin, 4 April 2022 | 21:02 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
Perkuat Fisik, Hati dan Pikiran Selama Ramadhan

Perkuat Fisik, Hati dan Pikiran Selama Ramadhan

Surabaya, Kabarindo- Ramadhan telah berjalan beberapa hari. Dalam menjalani ibadah puasa secara maksimal, kita perlu memperkuat diri, apalagi Ramadhan tahun ini masih harus dilalui dalam situasi pandemi.

Monica Vionna, Head of Marketing Growth Shopee Indonesia, mengatakan kita perlu memperkuat diri secara fisik, hati dan pikiran agar dapat melaksanakan ibadah puasa dengan maksimal.

Berikut tips agar ibadah selama Ramadhan berjalan lancar, nyaman dan penuh berkah serta tak ada kebutuhan yang terlupakan.

Perkuat niat hati dan iman

Berpuasa dan menjalankan shalat lima waktu akan melipatgandakan berkah dan pahala selama Ramadhan. Kita perlu memantapkan iman dan niat untuk berpuasa. Caranya bisa dilakukan dengan langkah sederhana, seperti membiasakan diri untuk shalat lima waktu dan menjauhi kebiasaan buruk. Pelajari dan perdalam ilmu mengenai hal-hal apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan.

Tubuh yang bugar

Berpuasa tentu membutuhkan kondisi fisik dan stamina yang prima. Jaga kesehatan tubuh agar ibadah puasa dapat berjalan lancar dengan istirahat yang cukup, minum vitamin dan suplemen serta berolahraga secara rutin. Anda bisa mulai membantu tubuh untuk beradaptasi dengan pola beraktivitas saat Ramadhan, seperti mengubah pola tidur agar bisa bangun pada jam sahur dan membiasakan diri dengan pola makan selama berpuasa.

Penuhi kebutuhan dan perlengkapan

Memenuhi ketersediaan bahan makanan dan kebutuhan untuk sahur dan berbuka puasa sangat penting. Rencanakan hidangan yang anda dan keluarga sukai, kemudian tulis bahan-bahan yang dibutuhkan agar tak ada yang terlupakan, seperti sembako, makanan instan hingga bumbu masak. Juga pastikan ketersediaan perlengkapan ibadah seperti mukena, sajadah dan peci.

Kelola waktu untuk tetap produktif

Setelah sahur, baiknya kembali tidur atau mulai beraktivitas ya? Agar anda tidak bingung dan bulan puasa bisa berjalan produktif, buatlah rencana harian. Tentukan jam tidur anda agar bisa istirahat dengan cukup dan bangun sahur badan terasa segar. Sisihkan waktu selama 30-60 menit untuk berolahraga ringan yang bisa dilakukan menjelang waktu berbuka maupun setelah berbuka. Kedua waktu ini disarankan untuk menghindari tubuh kekurangan cairan yang bisa mengganggu jalannya berpuasa.


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER