Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

Beranda > Olahraga > Perempatfinal Piala Dunia 2022: Kejutan, Kroasia Pulangkan Brazil Lewat Adu Penalti!

Perempatfinal Piala Dunia 2022: Kejutan, Kroasia Pulangkan Brazil Lewat Adu Penalti!

Olahraga | Sabtu, 10 Desember 2022 | 01:19 WIB
Oleh : Orie Buchori

BAGIKAN :
Perempatfinal Piala Dunia 2022: Kejutan, Kroasia Pulangkan Brazil Lewat Adu Penalti!

KABARINDO. DOHA - Laga seru tersaji  antara Tim Nasional (Timnas) Kroasia vs Brasil di perempatfinal Piala Dunia 2022. Vatreni -julukan Kroasia- memberikan kejutan usai memulangkan Selecao -julukan Brasil- lewat drama adu penalti.

Laga tersebut berlangsung di Education City Stadium, Qatar pada Jumat (9/12/2022) malam WIB. Kedua tim bermain imbang di waktu normal dengan skor 0-0. Sementara di tambahan waktu, Brasil sempat memimpin lewat Neymar Jr (105+1'), namun Kroasia mampu menyamakan kedudukan melalui Bruno Petkovic (117') dan memaksa skor imbang 1-1.

Sejak awal laga, baik Brasil maupun Kroasia masih berusaha untuk mengembangkan permainannya. Kedua tim belum terlalu nyaman dalam menguasai bola. Kendati begitu, baik Tim Samba maupun Vatreni sesekali melancarkan serangannya meski masih bisa dipatahkan barisan pertahanan masing-masing lawan.

Brasil sempat memberikan ancaman serius melalui aksi Vinicius Junior cs yang melakukan serangan cepat. Akan tetapi, gebrakan pasukan Tite itu masih terlalu mudah untuk dihalau oleh Dejan Lovren dan kolega hingga menit ke-15.

Merespon tekanan dari Brasil, Kroasia pun langsung mengandalkan serangan balik. Namun, upaya Ivan Perisic cs masih belum bisa membongkar kokohnya lini pertahanan Selecao yang diperkuat oleh Thiago Silva dan kawannya.

Tepat di menit ke-20, Neymar Jr berhasil melepaskan tembakan ke arah gawang Dominik Livakovic. Sayangnya, bola terlalu lemah meski sudah tepat sasaran. Setelah itu, Brasil kembali membangun serangan.

Sementara itu, Kroasia cenderung mengandalkan serangan balik lantaran Brasil terus menguasai bola. Tepatnya di menit ke-30, Vatreni mencoba peruntungannya lewat sepakan Ivan Perisic dari luar kotak penalti. Sialnya, bola masih melambung tinggi di atas mistar.

Setelah itu, kedua tim bermain tidak terlalu lepas dan masih sering memberikan operan yang salah. Kemudian, Neymar memiliki kesempatan di menit ke-42 untuk bisa membuka keran gol Brasil lewat tendangan bebas. Sialnya, sepakan keras bintang PSG itu masih bisa diamankan oleh Dominik Livakovic. Kemudian, tak ada gol yang tercipta hingga babak pertama usai dengan skor 0-0.

Brasil langsung tancap gas begitu babak kedua dimulai. Di menit ke-47 Neymar Jr mempunyai peluang emas di dalam kotak penalti. Namun, sepakannya masih bisa diblok. Sekilas, bola mengenai tangan dari salah satu bek Kroasia. Akan tetapi, wasit tidak menganggap itu sebagai handball.

Neymar kembali mendapatkan peluang emas di menit ke-55. Bintang PSG itu melakukan sontekan kaki kiri tepat sasaran usai mendapat umpan matang di dalam kotak penalti. Sayangnya, bola masih bisa diblok oleh kaki kiper Kroasia. Tim Samba pun kembali gagal untuk merubah papan skor.

Di menit 66, sebuah drive yang luar biasa dari Lucas Paqueta (Brasil) dari dalam kotak hampir membuka keran golnya. Akan tapi, Dominik Livakovic melakukan penyelamatan brilian sehingga hanya menghasilkan tendangan sudut.

Brasil terus-menerus menggempur pertahanan Vatreni. Di menit 76, Neymar mengontrol umpan balik jauh di dalam kotak dan menendang bola rendah ke tengah gawang, tetapi Dominik Livakovic mengantisipasi dengan baik dan mampu menahan bola.

Kemudian giliran Lucas Paqueta di menit 80 yang melakukan tembakan keras dari dalam kotak penalti. Sayang, bola masih bisa diselamatkan oleh kiper Kroasia. Setelah itu, kedua tim sama-sama berusaha keras untuk mencetak gol pembuka, namun upaya mereka gagal hingga wasit meniupkan peluit panjang. Skor 0-0 bertahan hingga babak kedua berakhir.

Brasil gercep melakukan serangan sejak peluit dibunyikan. Di menit 91, sebuah umpan silang panjang dari samping diarahkan ke Antony yang berada di posisi yang baik, tetapi pertahanan Kroasia berhasil melewatinya. Wasit menunjuk ke bendera sudut dan Brasil akan melakukan tendangan pojok.

Lalu di menit 99, Lucas Paqueta dan Neymar mencoba membuka celah lawan dengan serangkaian umpan pendek, tetapi salah satu pemain bertahan Kroasia masuk dan menghentikan gerakan tersebut.

Berkat kerjasama ciamiknya, Brasil akhirnya sukses menjebol gawang Kroasia lewat sontekan manis Neymar Jr di menit ke-105+1. Berawal dari umpan satu dua antara Neymar dan rekan setimnya, Lucas Paqueta, kemudian bola kembali dioper kepada Neymar.

Lalu, Neymar menggocek kiper Kroasia kemudian menembak bola dengan sempurna merobek gawang Vatreni. Gol bintang PSG itu pun merubah skor menjadi 1-0 untuk Brasil di 15 menit pertama babak tambahan waktu.

Berlanjut di 15 menit kedua, Kroasia berupaya untuk bisa menyamakan kedudukan. Namun, Luka Modric cs kerap menemukan kesulitan untuk membongkar pertahanan Brasil.

Kali ini, kerja keras Kroasia membuahkan hasil manis. Di menit ke-117, Bruno Petkovic berhasil mencetak gol penyeimbang. Kedudukan pun menjadi 1-1 yang bertahan hingga babak tambahan waktu berakhir. Laga pun berlanjut ke babak adu penalti.

Babak Adu Penalti

Kroasia (4): Nikola Vlasic (O), Lovro Majer (O), Luka Modric (O).

Brasil (2): Rodrygo Goes (X), Casemiro (O), Pedro (O), Marquinhos (X).

Susunan Pemain

KROASIA XI (4-3-3): Dominik Livakovic (GK); Josip Juranovic, Dejan Lovren, Josko Gvardiol, Borna Sosa, Ante Budimir (110'); Luka Modric, Marcelo Brozovic, Mislav Orsic, 114'), Mateo Kovacic, Lovro Majer (106'); Mario Pasalic (Nikola Vlasic, 72'), Andrej Kramaric (Bruno Petkovic, 72'), Ivan Perisic.

Cadangan: Josip Stanisic, Borna Barisic, Martin Erlic, Lovro Majer, Ivo Grbic, Nikola Vlasic, Marko Livaja, Bruno Petkovic, Ante Budimir, Mislav Orsic, Domagoj Vida, Ivica Ivusic, Josip Sutalo, Luka Sucic, Kristijan Jakic.

Pelatih: Zlatko Dalic

BRASIL XI (4-3-3): Alisson Becker (GK); Eder Miltao (Alex Sandro, 106'), Marquinhos, Thiago Silva, Danilo; Lucas Paqueta, Fred 106'), Casemiro; Raphinha (Antony, 56'), Neymar Junior, Vinicius Junior (Rodrygo Goes, 64'); Richarlison (Pedro, 84').

Cadangan: Weverton, Alex Sandro, Fred, Dani Alves, Fabinho, Bruno Guimaraes, Antony, Rodrygo Goes, Everton Ribeiro, Ederson, Bremer, Pedro, Gabriel Martinelli.

Pelatih: Tite

Foto: Reuters


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER