Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Ekonomi & Bisnis > Percepat Pengembangan DPSP, Kemenparekraf Fokus Tingkatkan SDM

Percepat Pengembangan DPSP, Kemenparekraf Fokus Tingkatkan SDM

Ekonomi & Bisnis | Kamis, 2 Desember 2021 | 10:27 WIB
Editor : Budiman

BAGIKAN :
Percepat Pengembangan DPSP, Kemenparekraf Fokus Tingkatkan SDM

KABARINDO, JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) akan berupayadalam peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) serta pemberdayaan masyarakat dalam upaya mempercepat pengembangan lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP).

Pengembangan sumber daya manusia dan pemberdayaan masyarakat tersebut dilakukan melalui kerja sama dengan unsur pentahelix, yaitu menyatukan berbagai pihak seperti institusi pendidikan, pelaku usaha, komunitas, pemerintah daerah, dan media.

Kemenparekraf akan fokus pada pengembangan dan penguatan atraksi, aksesibilitas, amenitas, serta ancillary (fasilitas pendukung) untuk segi pengembangan destinasi. Hal tersebut akan  diwujudkan melalui berbagai program seperti pengembangan destinasi wisata, sertifikasi pariwisata berkelanjutan, serta revitalisasi sarana di destinasi wisata.

Mengenai pengembangan dan peningkatan kapasitas SDM serta pemberdayaan masyarakat, akan dilakukan melalui program seperti sertifikasi kompetensi pariwisata, pendampingan SDM ekonomi kreatif, wirausaha mandiri, dan juga pendampingan SDM desa wisata.

"Juga pengembangan ekonomi kreatif dengan beberapa program seperti Beli Kreatif Lokal. Kemarin (program) ini kita lakukan dengan Beli Kreatif Danau Toba, dan terbukti bisa mengangkat tiga kali lipat dari penjualan produk-produk ekonomi kreatif para pelaku UMKM di Danau Toba," kata Sandiaga, dikutip dari Antara.

Lebih lanjut, Sandiaga juga mengungkap bahwa anggaran Kemenparekraf yang disiapkan untuk mempercepat pengembangan lima DPSP di tahun depan sebesar Rp351,6 miliar.

Terkait hal tersebut, Sandiaga Uno mengharapkan dukungan dari berbagai lembaga terkait sehingga dapat meningkatkan indeks daya saing pariwisata Indonesia, terutama pada pilar-pilar yang tingkat daya saingnya masih rendah. Seperti Environment Sustainability, Health and Hygiene, Tourist Service Infrastructure, Safety and Security, ICT Readiness serta Ground and Port Infrastructure.

"Saya sudah lihat begitu giatnya pembangunan yang saat ini dilakukan. Mari wujudkan 5 destinasi pariwisata super prioritas betul-betul berkualitas dengan penuh totalitas," kata Sandiaga.

Sumber berita: Antara

Foto: Antara


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER