Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Gaya hidup > Pentingnya Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut Anak Sejak Dini

Pentingnya Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut Anak Sejak Dini

Gaya hidup | Rabu, 15 Maret 2023 | 11:44 WIB
Editor : Orie Buchori

BAGIKAN :
Pentingnya Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut Anak Sejak Dini

KABARINDO, JAKARTA - Sebagai penyedia jaringan Rumah Sakit Ibu & Anak (RSIA) beserta ekosistem layanan kesehatan yang menyeluruh, PT Bundamedik Tbk (BMHS) menginisiasi kegiatan guna mengedukasi anak-anak dan orang tua akan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut sejak dini. 

Kegiatan edukasi ini juga diikuti dengan pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut bagi anak-anak secara serempak di RSIA Bunda Ciputat dan RS Citra Harapan. Kegiatan ini merupakan komitmen lanjutan BMHS untuk memberi layanan kesehatan untuk setiap tahapan kehidupan mulai dari embrio hingga lansia. 

Kegiatan edukasi yang diisi oleh berbagai kegiatan menarik diharapkan mampu meningkatkan pemahaman anak-anak terhadap kesehatan gigi dan mulut. Berdasarkan hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) yang diadakan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, prevalensi gigi berlubang pada anak usia dini (0-9 tahun) mencapai 93%, yang mencakup hampir seluruh pasien anak di Indonesia. Melihat statistik ini, BMHS menginisiasi edukasi kesehatan gigi dan mulut, termasuk menggelar pemeriksaan gratis dan edukasi perawatan gigi bagi anak-anak. 

Emilia Rouli, Corporate Human Capital Director PT Bundamedik Tbk mengatakan, “Kami percaya bahwa perawatan preventif menjadi kunci dalam menjaga kesehatan mulut dan gigi, terutama sejak usia dini. Kesehatan gigi dan mulut berperan penting dalam mendukung tumbuh kembang anak-anak karena berbagai asupan berkualitas akan diterima dengan baik oleh tubuh jika memiliki kondisi gigi dan mulut yang sehat. dr. Ivonne Rampun, Medic, Nurse and Quality Director PT Bundamedik Tbk turut menambahkan, “BMHS meyakini bahwa dengan memberikan edukasi serta memfasilitasi pemeriksaan kesehatan kepada anak-anak dari usia dini, maka mereka akan semakin terbekali dalam mempersiapkan diri menjadi generasi penerus bangsa yang sehat.”

dr. Siti Muliana, M.M., Direktur RSIA Bunda Ciputat dalam sambutannya menyampaikan, “Kami turut bangga berpartisipasi dalam inisiatif terbaru BMHS yang berfokus pada kesehatan masyarakat, terutama anak-anak. Pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut gratis ini merupakan salah satu komitmen kami dalam menyediakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi anak-anak untuk melakukan perawatan gigi dan mulut dengan kualitas prima, serta mengedukasi mereka beserta para orang tua akan pentingnya perawatan kesehatan preventif. Kami pun turut mengucapkan terima kasih kepada warga wilayah Ciputat atas dukungan dan kepercayaan selama ini terhadap layanan kesehatan keluarga yang kami tawarkan.”

Sementara itu, Hj. Sri Naikowati Ningsih, S.ST, M.Kes, Kepala Puskesmas Ciputat menyambung, “Program pemeriksaan kesehatan anak-anak yang dilangsungkan oleh PT Bundamedik Tbk secara langsung telah menjadi perpanjangan tangan dari Puskesmas, dengan dukungan dalam memperluas akses edukasi dan layanan kesehatan kepada masyarakat sekitar. Kami harap perayaan HUT ke-50 BMHS menjadi momentum sinergi yang lebih kuat antara penyedia layanan kesehatan untuk melakukan pencegahan dan promosi kesehatan bagi seluruh lapisan masyarakat.”

Lebih lanjut, pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut tidak hanya berperan penting bagi tumbuh kembang anak, melainkan turut menentukan kondisi kesehatan tubuh di masa tua. Sementara itu, dr. Mira Puspita Sari, MARS, Direktur RS Citra Harapan menjelaskan, “Kami percaya bahwa kesehatan gigi dan mulut merupakan bagian esensial dari kesehatan tubuh seseorang, dan ini perlu dijaga kondisinya dari usia muda. Dengan mengedukasi pentingnya menjaga kebersihan gigi dan mulut dari usia dini, kami dapat membantu anak-anak menjaga kesehatan gigi dan gusi untuk jangka waktu yang panjang.”

Selain edukasi serta pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut gratis bagi anak-anak, BMHS juga mengadakan pemeriksaan  gula darah sewaktu (GDS) dan tekanan darah gratis bagi masyarakat dewasa. Pemeriksaan kesehatan ini didukung oleh dokter gigi handal yang tergabung dalam ekosistem BMHS, sebagai wujud komitmen BMHS memberikan layanan komprehensif bagi seluruh lapisan masyarakat, dalam setiap tahapan kehidupan masyarakat. Foto: ist


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER