Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Gaya hidup > Pentingnya Asupan Nutrisi Yang Cukup: Bagi Ibu Hamil & Menyusui

Pentingnya Asupan Nutrisi Yang Cukup: Bagi Ibu Hamil & Menyusui

Gaya hidup | Sabtu, 17 Maret 2018 | 16:34 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
Pentingnya Asupan Nutrisi Yang Cukup: Bagi Ibu Hamil & Menyusui

Pentingnya Asupan Nutrisi Yang Cukup: Bagi Ibu Hamil & Menyusui

Kalbe Blackmores Nutrition berikan edukasi pentingnya angka kecukupan gizi selama 1000 hari pertama kehidupan si kecil

Surabaya, Kabarindo- Ibu hamil perlu mendapat asupan nutrisi sesuai Angka Kecukupan Gizi bagi dirinya maupun janinnya agar melahirkan bayi yang sehat. Begitu pula saat menyusui, ibu harus menjaga kecukupan asupan nutrisi agar bayi tumbuh kembang dengan optimal.

Hal ini dipaparkan dalam seminar edukasi Kampanye Bunda PAS (Peduli Asupan Sehat) yang diadakan PT Kalbe Blackmores Nutrition di Surabaya pada Sabtu (17/3/2018). Seminar sebelumnya berlangsung di Jakarta dan rencananya akan digelar di beberapa kota besar lainnya.

Edukasi diberikan melalui kegiatan Bunda PAS mulai dari metode hypnobirthing atau upaya alami menanamkan niat positif untuk memperlancar proses kehamilan dan persalinan, coaching clinic, cooking demo, hingga pemahaman mengenai asupan nutrisi yang penting bagi ibu dan si kecil selama masa kehamilan dan menyusui.

Menurut Dian, Marketing Manager Kalbe Blackmores Nutrition, tujuan seminar tersebut mengedukasi para ibu hamil dan menyusui mengenai pentingnya pengetahuan akan kesehatan fisik dan psikologis ibu selama 1000 hari pertama kehidupan si kecil.

dr. Noviani, Sp.GK mengatakan, 1000 hari pertama kehidupan buah hati adalah masa yang berharga dan tidak akan terulang kembali. Untuk menjaga tumbuh kembang optimal si kecil selama 1000 hari pertama kehidupannya, setiap ibu diharapkan memahami pentingnya asupan nutrisi yang sesuai Angka Kecukupan Gizi.

Ia merujuk data Survey Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKl) pada 2015 yang menyebutkan angka Kematian Ibu (AKI) sebesar 305 per 100.000 kelahiran hidup. Angka ini masih tergolong tinggi. Empat penyebab utama AKl adalah pendarahan, eklamsia, infeksi dan komplikasi dari aborsi ataupun persalinan.

Eklamsia disebabkan oleh faktor genetik, kegemukan dan diabetes, berupa peradangan atau inflamasi dalam tubuh yang menyebabkan aliran darah tidak lancar. Eklamsia dapat dicegah dengan mencukupi kebutuhan mikronutrien ibu, antara lain dengan antioksidan penting seperti selenium, enzim Q10, fish oil serta vitamin C & E untuk kehamilan yang optimal.

Sementara data nasional dari Riset Kesehatan Dasar pada 2013 menunjukkan prevalensi risiko Kekurangan Energi Kronis (KEK) pada wanita hamil sebesar 24,2%. KEK adalah status kurang gizi yang disebabkan berkurangnya asupan nutrisi dalam jangka waktu cukup lama, sehingga menimbulkan gangguan pada kesehatan ibu dan janinnya. Kondisi KEK biasanya terjadi pada wanita usia subur 15-45 tahun.

”Pencegahan resiko KEK pada ibu hamil bisa dilakukan sebelum kehamilan dengan memiliki gizi yang baik. Diperlukan pencapaian dan pengaturan berat badan yang ideal serta penerapan pola hidup yang sehat dan gizi seimbang sebelum, saat dan setelah periode kehamilan, agar kesehatan ibu dan janin berlangsung optimal,” ujar dr. Noviani, Sp.GK.

Sementara itu dr. Bram Pradipta, Sp.OG, spesialis kebidanan dan penyakit kandungan serta pengasuh redaksi spesialis kebidanan dan kandungan di Klikdokter.com menyebutkan beberapa gangguan kesehatan yang mungkin terjadi akibat kurangnya asupan nutrisi saat hamil, yaitu defisiensi zinc dan magnesium yang dapat menyebabkan preeklamsia dan kelahiran prematur, defisiensi zat besi dan vitamin 812 yang dapat menyebabkan anemia, defisiensi vitamin K yang dapat menyebabkan perdarahan berlebihan saat melahirkan, asupan yodium tidak memadai selama kehamilan yang dapat menyebabkan keguguran atau bayi lahir mati serta kekurangan vitamin A yang dapat menyebabkan rabun senja.

Menjawab masalah kurangnya asupan nutrisi penting ibu hamil dan menyusui, Blackmores memiliki produk unggulan Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold sebagai suplemen dengan kandungan nutrisi yang esensial bagi tumbuh kembang si kecil selama 1000 hari pertama kehidupannya.

Dian menjelaskan, Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold merupakan rangkaian nutrisi esensial untuk kesehatan ibu dan tumbuh kembang buah hati, dengan kandungan yang tinggi DHA dan kalsium, zat besi yang membantu mengurangi risiko konstipasi serta vitamin dan mineral lainnya yang diperlukan selama masa kehamilan dan menyusui.

Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold memiliki 4 keunggulan. Pertama, kandungan nutrisinya esensial dan sesuai dengan rekomendasi WHO untuk kehamilan sehat. Kedua, kandungan odourless fish oil dari sumber alami Omega 3 dari laut terdalam yang tidak berbau. Ketiga, dosis tertinggi yang sesuai dengan pemenuhan dosis harian akan kalsium dan DHA/EPA. Keempat, dosis yang diformulasikan berdasarkan rekomendasi pemerintah.

“Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold dapat menjadi salah satu opsi bagi para ibu hamil dan menyusui di Indonesia untuk memenuhi asupan nutrisi yang penting dan sehat,” ujar Dian.

Dalam seminar tersebut juga dihadirkan artis cantik Donita Nugroho. Ibu muda berputra dua ini mengaku ia mengonsumsi Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold selama hamil dan menyusui untuk mencukupi kebutuhan nutrisinya.

“Meskipun sudah menjaga asupan nutrisi melalui makanan, saya juga mengonsumsi suplemen kesehatan guna menjaga nutrisi yang pas untuk kesehatan saya dan perkembangan buah hati,” ujarnya.

Penulis: Natalia Trijaji


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER