Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Iptek > Penerapan Teknologi Disguise Omnical V2 Indonesia Dibalik Kesuksesan Proyeksi Digital Mapping Monumen Nasional di Perhelatan ‘Monas Week’ 2023

Penerapan Teknologi Disguise Omnical V2 Indonesia Dibalik Kesuksesan Proyeksi Digital Mapping Monumen Nasional di Perhelatan ‘Monas Week’ 2023

Iptek | Rabu, 7 Juni 2023 | 05:33 WIB
Editor : Orie Buchori

BAGIKAN :
Penerapan Teknologi Disguise Omnical V2 Indonesia Dibalik Kesuksesan Proyeksi Digital Mapping Monumen Nasional di Perhelatan ‘Monas Week’ 2023

KABARINDO, JAKARTA - V2 Indonesia, anak perusahaan PT M Cash Integration Tbk (IDX: MCAS), yang berfokus pada solusi audio visual dan keunggulan teknologi masa depan (IoT, AI, VR, XR, AR, Metaverse & Robotics) V2 Indonesia mendapat kesempatan turut serta dalam perayaan ulang tahun Jakarta dan Hari Kelahiran Pancasila yang diadakan di Monas bersamaan dengan ‘Monas Week’ pada tanggal 1 s/d 4 Juni 2023.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, V2 Indonesia bersama disguise diberikan kepercayaan untuk memberikan atraksi suguhan digital grafik yang memukau melalui teknologi projection mapping di tubuh Monas.

Adapun kegiatan Projection Mapping Monas kali ini dilakukan dengan menggunakan teknologi disguise tepatnya menggunakan prosesor bernama OmniCal. Teknologi ini diterapkan dan digunakan oleh V2 Indonesia selaku official partner disguise di Indonesia yang juga melakukan proses pembuatan digital image, programming, setting, converting dan juga rendering content. Untuk memberikan hasil yang indah dan menyeluruh, V2 Indonesia dan disguise harus melakukan kalibrasi 16 proyektor yang ditempatkan diseluruh bagian Monumen Nasional guna menjadi satu kesatuan.

 

"Adalah sebuah kehormatan sekaligus tantangan bagi V2 Indonesia untuk dapat memberikan suguhan video mapping di gelaran Monas Week kali ini. Dengan menggunakan sistem disguise OmniCal untuk proyek pemetaan proyeksi Monas (mapping) -menjadikannya kali pertama sistem ini digunakan di Indonesia. V2 juga menggunakan secara luas perangkat lunak Designer disguise dalam persiapan proyek ini, memungkinkan mereka untuk membuat studi proyektor dan Omnical, memvisualisasikan, merancang, dan menyusun proyek dengan akurasi piksel yang sempurna tanpa perlu berada di lokasi. Penggunaan sistem-sistem ini memungkinkan V2 melakukan kalibrasi dengan waktu yang sangat singkat" kata Rudi Hidayat, CEO V2indonesia

 

Meskipun sempat mengalami beberapa tantangan dan kendala seperti kondisi cuaca dan keadaan pencahayaan di area luar Monas serta setelan object 3D yang kurang sesuai namun V2 Indonesia dan disguise berhasil memberikan aksi video mapping yang memukau sekitar seratus ribu pengunjung yang memadati Kawasan Monas Week 2023.

“Tantangan terbesar kami dalam menampilkan video mapping yang sempurna di struktur Monas adalah adanya beberapa perbedaan dari model 3D yang kami terima – namun dengan menggunakan OmniCal, kami dengan cepat dapat menyesuaikan kalibrasi pemetaan proyeksi tanpa mengorbankan kualitas atau perlu memodel ulang permukaan di perangkat lunak eksternal dan membuat ulang konten," jelas Nicholas Chan, Manajer Regional Asia Tenggara disguise.

 

Bentuk kerjasama ini membawa V2 Indonesia sebagai perusahaan lokal yang mampu menyediakan beragam kebutuhan teknologi digital video mapping untuk berbagai keperluan baik di indoor maupun outdoor area dengan berbagai tingkat kesulitan. Kedepannya, V2 Indonesia berencana untuk memberikan suguhan proyek video mapping yang memukai lainnya, seperti pada gelaran Ciputra Art Entrepreneur, Rest 1945, Seminari Alkitab Asia Tenggara dan juga bekerjasama dengan beberapa Universitas seperti Bina Nusantara, dan juga Museum- Museum Kepemerintahan.

 

Sebelumnya sejak 1992, V2 Indonesia sendiri telah menjual berbagai kebutuhan LED untuk berbagai pasar vertikal termasuk untuk kebutuhan Digital Out of Home (DOOH), seperti Digital Signage, Digital Banner, Kiosk, Videotron di berbagai pusat perbelanjaan, kantor, merek ritel, dunia hiburan, dan lainnya.

 

“Kami bangga dengan komitmen kami untuk terus memberikan penerapan teknologi diberbagai lini. Bersama disguise kedepannya, kami akan terus mengembangkan teknologi disguise OmniCal dan layanan Creative Video Mapping dalam berbagai Industri di tanah air. V2 Indonesia sendiri telah lama dikenal sebagai sebuah perusahaan yang berupaya untuk terus berkarya memberikan sumbangsih teknologi terbaru dan kami siap menyambut tantangan tersebut guna memberikan yang terbaik bagi konsumen setia kami dan masyarakat Indonesia khususnya,” tutup Rudi.


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER