Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Internasional > Pemilihan presiden Timor-Leste Menuju Putaran Kedua

Pemilihan presiden Timor-Leste Menuju Putaran Kedua

Internasional | Rabu, 23 Maret 2022 | 23:26 WIB
Editor : Hauri Yan

BAGIKAN :
Pemilihan presiden Timor-Leste Menuju Putaran Kedua

KABARINDO, DILI – Dua kandidat teratas dalam pemilihan presiden Timor-Leste pada Selasa (22/3) tampaknya akan maju ke putaran kedua bulan depan, meskipun penghitungan suara terakhir menunjukkan keunggulan peraih Nobel Jose Ramos-Horta.

Sejauh ini, Ramos-Horta telah mengamankan 46,58 persen, lebih dari dua kali lipat bagian dari saingannya Francisco "Lu Olo" Guterres, tetapi masih sedikit dari mayoritas yang dibutuhkan untuk menang dalam satu putaran.

Badan pemilihan, yang memuat penghitungan terbaru di situsnya, belum mengonfirmasi putaran kedua. Tetapi jika tidak ada kandidat yang memperoleh lebih dari 50 persen suara, pemilihan akan dilanjutkan ke putaran kedua pada 19 April.

Berbicara di istana kepresidenan pada hari Selasa, presiden petahana Mr Guterres mengatakan dia akan mencari aliansi dengan semua partai yang tidak lolos ke putaran kedua.

“Ayo maju ke putaran kedua karena tidak ada calon yang keluar sebagai pemenang dan tidak ada calon yang keluar sebagai pecundang, sekarang kita mulai lagi dari nol,” ujarnya.

Ramos-Horta mengatakan sebelumnya dia yakin akan kemenangan, dan bahwa pemilihannya akan menyebabkan "gempa politik di Parlemen nasional".

Pria 72 tahun, yang sebelumnya menjabat sebagai presiden dari 2007 hingga 2012, mengatakan pekan lalu bahwa dia merasa terdorong untuk mencalonkan diri lagi setelah dia menganggap tindakan presiden petahana telah melanggar Konstitusi.

Hampir dua dekade setelah memperoleh kemerdekaan dari negara tetangga Indonesia, Timor-Leste mengadakan pemilihan presiden kelima pada hari Sabtu ((19/3).

Di negara termuda di Asia itu, presiden bertanggung jawab untuk menunjuk pemerintah dan juga memiliki kekuasaan untuk membubarkan parlemen.

Negara yang berjuang dengan stabilitas dan pembangunan politik itu memiliki populasi mayoritas Katolik 1,3 juta orang dan ekonomi yang bergantung pada minyak dan gas.

***(Sumber dan foto: The Straits Times/Reuters)


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER