Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Ekonomi & Bisnis > Pembayaran Digital Dorong Kemajuan UMKM, Transaksi Meningkat

Pembayaran Digital Dorong Kemajuan UMKM, Transaksi Meningkat

Ekonomi & Bisnis | Senin, 21 Agustus 2023 | 22:38 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
Pembayaran Digital Dorong Kemajuan UMKM, Transaksi Meningkat

Pembayaran Digital Dorong Kemajuan UMKM, Transaksi Meningkat

Surabaya, Kabarindo– UMKM telah memberikan kontribusi positif bagi PDB Indonesia dan penyerapan tenaga kerja nasional, bahkan menjadi industri yang bangkit lebih cepat di masa penuh ketidakpastian seperti pandemi.

Selaras dengan semangat inisiatif pembayaran digital untuk mendukung UMKM dan ekonomi yang berkelanjutan, DANA mendorong pembayaran digital melalui QRIS. DANA juga telah mengimplementasikan dan mensosialisasikan QRIS sejak 2020 untuk seluruh mitra guna meneguhkan pembayaran digital yang inklusif, dengan pengalaman transaksi yang lebih mudah, aman dan cepat.

Keterlibatan DANA dalam mendigitalisasi pelaku usaha telah diwujudkan sejak lama melalui fitur dan layanan yang dikembangkan hingga edukasi untuk mendukung keberlanjutan usaha. Salah satu langkah nyata tersebut diimplementasikan melalui fitur DANA Bisnis, yang sukses menjangkau dan mendigitalisasi lebih dari 650.000 UMKM di berbagai penjuru di Indonesia.

Kemudahan dan keamanan yang ditawarkan fitur tersebut berdampak dalam pertumbuhan positif transaksi pelaku UMKM yang tergabung sebagai mitra DANA Bisnis. DANA mencatat para pelaku UMKM mengalami kenaikan transaksi sejak mendigitalisasi usahanya lewat DANA Bisnis.

Dukungan terhadap UMKM terus digulirkan melalui berbagai inisiatif sosial untuk memastikan setiap pelaku UMKM mampu mengembangkan potensi serta meningkatkan literasi dan inklusi keuangan. Inisiatif sosial ini ditempuh dengan menggelar pelatihan dan pendampingan yang berkaitan dengan topik terkini, seperti manajemen bisnis, manajemen keuangan dan pemasaran digital. Pelatih dan pendampingan yang diinisiasi DANA telah berjalan di berbagai kota seperti Semarang, Kepulauan Riau, Pontianak, Palembang, Pekanbaru hingga Jayapura dan diikuti oleh lebih dari 750 UMKM mitra DANA Bisnis.

Bagi pelaku UMKM yang hendak memperoleh Nomor Induk Berusaha (NIB), DANA juga telah menjalin kerja sama dengan Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) terkait Sinergi Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Berbasis Digital di Indonesia pada 2022. Salah satunya merupakan kerja sama dalam melakukan sosialisasi bagi UMKM yang hendak memperoleh NIB. NIB yang telah dimiliki UMKM dapat bermanfaat bagi pengembangan usaha, karena memungkinkan mereka untuk mendapatkan pendampingan guna pengembangan usaha hingga kemudahan akses pembiayaan ke lembaga keuangan bank maupun non-bank.

Agustina Samara, Chief People & Corporate Strategy DANA Indonesia, mengatakan pada Senin (21/8/2023), peran penting UMKM termasuk mitra DANA Bisnis terus menjadi prioritasnya.

“Setelah mendigitalisasi usaha pelaku UMKM dan memberikan edukasi berkelanjutan, masih banyak tantangan lain terkait UMKM yang harus ditangani bersama oleh seluruh ekosistem ekonomi digital,” ujarnya.


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER