Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

Beranda > Hiburan > Pekan Raya Jakarta, Rayakan Hari Jadi Kota Jakarta ke-495

Pekan Raya Jakarta, Rayakan Hari Jadi Kota Jakarta ke-495

Hiburan
Oleh : Orie Buchori

BAGIKAN :
Pekan Raya Jakarta, Rayakan Hari Jadi Kota Jakarta ke-495

KABARINDO, JAKARTA - DKI Jakarta merayakan hari jadinya ke-495 tepat hari ini, Selasa (22/6/2022). Tidak seperti dua tahun sebelumnya, kegiatan yang khas dengan perayaan Jakarta, yaitu Pekan Raya Jakarta (PRJ) Kemayoran kembali dibuka setelah kasus Covid-19 semakin menurun.

Pemprov DKI Jakarta mengambil tema "Jakarta Hajatan" untuk HUT DKI Jakarta 2022. Slogan yang digunakan adalah "Celebrate Jakarta: Kolabotasi, Akselerasi, dan Elevasi". Tema HUT DKI Jakarta 2022 terdiri atas 2 slogan bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris yang digunakan sesuai kebutuhan dan target audiens. Ada enam ragam warna di logo "495".

Ada enam warna menor yang terinspirasi dari karakter kotanya. Setiap warna mewakili makna atas pencapaian kota Jakarta.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan memimpin langsung Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Jakarta Ke-495 yang rencananya digelar di Plaza Monumen Nasional (Monas), Gambir, Jakarta Pusat pada Selasa (22/6/2022).

"Betul (di Monas) rencananya demikian. Siap (Anies memimpin upacara)," kata Kepala Biro Pemerintahan Setda DKI Jakarta Andriansyah beberapa waktu lalu.

Sekadar diketahui, pemilihan tanggal 22 Juni sebagai hari jadi Kota Jakarta, karena tepat 495 tahun silam, pasukan Demak-Cirebon yang dipimpin Fatahillah berhasil mengusir Portugis dari Sunda Kelapa.

Panglima pasukan yang juga disebut Faletehan ini mempunyai nama asli Faddillah Khan. Nama populer lainnya adalah Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati. Dia wafat pada tahun 1570 dan dimakamkan di Cirebon, Jawa Barat.

Jakarta yang sebelumnya bernama Sunda Kelapa ini pernah mengalami pergantian nama beberapa kali, Jayakarta, Batavia dan Jakarta Tokubetsu Shi.

Kini di usianya yang Ke-495 tahun, Jakarta semakin maju dan aman seiring pembangunan yang masif. Sehingga seluruh warga hingga wisatawan yang ingin berkunjung ke Jakarta bisa merasakan keindahan dan kenyamanan etalase Indonesia tersebut. Selamat Ulang Tahun Jakarta!!!


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER