Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Berita Utama > PBNU Tunjuk Gus Kikin sebagai Plt Ketua PWNU Jatim, Ini Alasannya!

PBNU Tunjuk Gus Kikin sebagai Plt Ketua PWNU Jatim, Ini Alasannya!

Berita Utama | Kamis, 11 Januari 2024 | 07:23 WIB
Editor : Orie Buchori

BAGIKAN :
PBNU Tunjuk Gus Kikin sebagai Plt Ketua PWNU Jatim, Ini Alasannya!

KABARINDO, JAWA TIMUR -- AKhirnta melalui Rapat Gabungan Syuriah dan Tanfidziyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama  (PBNU) menetapkan KH Abdul Hakim Mahfudz atau Gus Kikin dari Pondok Pesantren Tebu Ireng Penjabat Ketua baru Perwakilan Wilayah Nahdlatula Ulama (PWNU) Jawa Timur.

Gus Kikin, akan menjabat sebagai Plt  Ketua PWNU hingga diselenggarakannya Musyawarah Wilayah NU Jawa Timur yang rencananya akan digelar pada bulan Maret 2024 mendatang.

"Alhamdulillah rapat gabungan siang tadi bulat menetapkan Gus Kikin menjadi Pj Ketua PWNU Jatim menggantikan KH Marzuki Mustamar," kata Sekjen PBNU Gus Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dalam keterangan tertulis, Rabu (10/1/2024).

Dalam kesempatan itu, Gus Ipul juga mengatakan  Gus Kikin ditunjuk dengan beberapa alasan.

Pertama karena Gus Kikin telah berpengalaman bahkan saat ini menjabat sebagai salah satu Ketua PBNU.

"Apalagi beliau saat ini juga pengasuh pesantren Tebuireng dan juga cucu Hadratussyaikh, InsyaAllah akan mampu menjalankan kepemimpinan organisasi dalam masa transisi ini," kata Gus Ipul.

Rapat gabungan yang memutuskan hal tersebut digelar di Kantor PBNU Jakarta. Gus Ipul mengatakan ada beberapa agenda yang dibahas dalam rapat dimulai pukul 14.00 dan berakhir pada pukul 16.00 WIB

Sebelumnya, PBNU telah mencopot KH Marzuki Mustamar dari jabatan Ketua PWNU Jatim beberapa waktu lalu. Marzuki sendiri sebenarnya telah habis masa jabatannya sejak September 2023 yang kemudian mendapatkan SK perpanjangan sementara.

Rapat gabungan yang dipimpin langsung Rais Aam KH Miftachul Ahyar juga dihadiri Ketua Umum KH Yahya Cholil Staquf serta jajaran Syuriah dan Tanfidziyah ini bulat menerima pemberhentian KH Marzuki dan pengangkatan Gus Kikin.

"Terkait alasan pemberhentian KH Marzuki sekali lagi saya tegaskan ini masalah internal dan telah dianggap memenuhi syarat untuk pemberhentian. Jangan paksa kami membuka alasannya ke publik," kata Gus Ipul kala itu soal pemberhentian Marzuki.

Diketahui, pemberhentian Marzuki juga merupakan usulan dari Rais Syuriah PWNU Jawa Timur yang ditandatangani langsung KH Anwar Mansyur.

Gus Ipul menerangkan Ketua PWNU diberhentikan sebenarnya bukan kali ini saja terjadi.

Di Jawa Timur, KH Ali Maskan Moesa juga pernah diberhentikan dari jabatan Ketua PWNU. Namun saat itu KH Ali Maskan menerima dan bahkan hingga saat ini masih aktif di jajaran Syuriah PWNU Jawa Timur.


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER