Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Internasional > Pasukan Zionis Israel Ambil Alih RS Al-Shifa Gaza

Pasukan Zionis Israel Ambil Alih RS Al-Shifa Gaza

Internasional | Selasa, 19 Maret 2024 | 05:51 WIB
Editor : Orie Buchori

BAGIKAN :
Pasukan Zionis  Israel Ambil Alih RS Al-Shifa Gaza

KABARINDO, GAZA –Militer Israelmengatakan mereka telah mengambil alih rumah sakit (RS) al-Shifa di Kota Gaza dalam apa yang disebutnya sebagai operasi untuk menggagalkan aktivitas anggota Hamas.

Dilaporkan bahwa tentara membunuh 20 anggota Hamas, termasuk seorang komandan senior pasukan keamanan internal Hamas, dan menahan puluhan tersangka dalam penggerebekan tersebut.

Saksi mata serangan terakhir terhadap al-Shifa menggambarkan keadaan panik di dalam rumah sakit, fasilitas medis terbesar di Gaza, ketika pasukan Israel melancarkan serangan cepat dan tak terduga pada Senin (18/3/2024) dini hari.

Para saksi mata menggambarkan baku tembak hebat di sekitar lokasi, tempat ribuan pengungsi berlindung.

Militer Israel mengatakan tidak ada kewajiban bagi staf medis atau pasien untuk pergi, dan rumah sakit dapat melanjutkan fungsi pentingnya.

Namun beberapa staf medis di dalam rumah sakit mengatakan kepada BBC bahwa listrik telah padam dan mereka telah diinstruksikan oleh militer Israel untuk tidak bergerak, sehingga melarang mereka merawat pasien dengan benar.

“Kami terjebak di dalam departemen ini,” kata Dr Amer Jedbeh, seorang dokter spesialis bedah berusia 31 tahun, dikutip BBC.

"Sebuah peluru menghantam gedung kami di lantai pertama, melukai beberapa orang. Satu orang tewas, kami tidak dapat menyelamatkannya. Kami hanya melakukan pertolongan pertama, pada dasarnya, kami tidak dapat beroperasi karena tidak ada listrik atau air,” terangnya.

Dr Jedbeh mengatakan dua pasien yang menggunakan alat bantu hidup di unit perawatan intensif di gedung yang sama telah meninggal karena pasokan listrik terputus menjelang penggerebekan. “Semua mesin mati,” tambahnya.

Rekan-rekan dari gedung utama mengatakan ada banyak korban luka di sana yang memerlukan operasi tetapi kami tidak dapat menjangkau mereka dan mereka tidak dapat membawa pasien kepada kami,” lanjutnya.

Militer telah mengatakan kepada warga sipil yang tinggal di daerah sekitar bahwa mereka harus segera pergi demi keselamatan mereka sendiri dan menuju ke selatan “daerah kemanusiaan” di al-Mawasi, dekat kota Rafah di selatan.

Pasukan Israel telah dikritik habis-habisan atas serangan mereka sebelumnya terhadap fasilitas kesehatan Gaza termasuk al-Shifa,selama perang lima bulan dengan Hamas.

Wakil direktur unit gawat darurat di al-Shifa mengatakan kepada BBC bahwa ada sekitar 20 dokter dan 60 perawat di dalam rumah sakit, serta ratusan pasien.

Dr Amjad Eliwah yang berada di luar halaman rumah sakit tetapi melakukan kontak dengan stafnya di dalam, menggambarkan situasinya “sangat kritis”.

Dia juga mengatakan pasukan Israel menggerebek dua sekolah di sebelah rumah sakit yang digunakan sebagai tempat perlindungan para pengungsi.

Mereka menangkap semua pria yang berada di dalam dan menyuruh para wanita tersebut keluar melalui pintu keluar yang telah ditentukan dan menuju ke selatan menuju kota Deir al-Balah.


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER