Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Gaya hidup > Pameran Virtual Sampoerna Theater; Nostalgia Bioskop “Theater Luas Hawa Tjukup”

Pameran Virtual Sampoerna Theater; Nostalgia Bioskop “Theater Luas Hawa Tjukup”

Gaya hidup | Minggu, 15 Agustus 2021 | 19:14 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
Pameran Virtual Sampoerna Theater; Nostalgia Bioskop “Theater Luas Hawa Tjukup”

Pameran Virtual Sampoerna Theater; Nostalgia Bioskop “Theater Luas Hawa Tjukup”

Dulu bioskop kelas A dan beroperasi selama 1933-1966, kapasitas 1000 penonton

Surabaya, Kabarindo- Menyambut ulang tahun Sampoerna pada 27 Agustus 2021 sekaligus mengenang kejayaan Sampoerna Theater yang berdiri pada 88 tahun lalu, House of Sampoerna (HoS) menggelar “Pameran Virtual Sampoerna Theater” pada Sabtu (14/8/2021).

Pameran yang diselenggarakan secara daring ini membawa para peserta kembali ke masa jaya Sampoerna Theater, yang juga dikenal sebagai Bioskop Sampoerna. Bioskop ini dulu merupakan bioskop kelas A dan beroperasi selama 1933-1966. Atas ide Siem Tjiang Nio, istri dari Liem Seeng Tee pendiri Sampoerna, area depan yang saat ini digunakan sebagai bangunan HoS, awalnya kosong, kemudian difungsikan sebagai gedung bioskop.

Sampoerna Theater telah memutar berbagai film, juga menjadi tuan rumah bagi kegitan menarik lainnya yang membuat tempat ini begitu tersohor pada masanya, seperti pagelaran sirkus Cina dari Shanghai, drama dari Beijing dan Hongkong, wayang kulit serta penyelenggaraan fashion show.

Sampoerna Theater dikenal sebagai gedung pertunjukan megah dan nyaman dengan kapasitas penonton lebih dari 1.000 orang. Hal ini tertuang pada semboyan “Theater Luas Hawa Tjukup” yang tertulis pada setiap iklan filmnya. Deretan karya layar lebar terkenal tak luput diputar seperti film Stowaway, Northern Pursuit dan Niagara. Selain film-film Barat, karya sineas Indonesia juga turut menghiasi layar lebar bioskop ini. Sebut saja Bing Slamet Liburan, Lenggang Djakarta dan Pandji Semirang.

Pada ekshibisi ini, masyarakat bisa melihat berbagai foto lama dari gedung pertunjukan seperti kompleks bangunan, ruangan teater, ragam iklan film yang pernah diputar dan cuplikan-cuplikan surat kabar mengenai Sampoerna Theater pada masa kolonial. Keseruan tersebut dapat diakses melalui www.houseofsampoerna.museum.

Pameran museum HoS merupakan bagian dari program museum yang bertujuan mengedukasi sekaligus media promosi museum lainnya. Museum HoS bekerja sama dengan museum, komunitas, kolektor serta berbagai institusi dalam maupun luar negeri, yang memiliki kepedulian dalam perkembangan dan pelestarian seni dan budaya.

Sebagai alternatif kegiatan yang dapat dinikmati masyarakat di mana saja, mulai 2020 Museum HoS aktif mengadakan program-program seperti pameran, diskusi, pertunjukan dan kunjung museum secara daring. Hingga akhir 2020, Museum HoS telah menyelenggarakan lebih dari 20 pameran, diskusi dan workshop bersama lebih dari 50 museum, komunitas, kolektor serta institusi terlibat di dalamnya.

Penulis: Natalia Trijaji


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER