Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Ekonomi & Bisnis > OYO Gandeng OVO dan GoPay; Permudah Booking dan Refund Konsumen

OYO Gandeng OVO dan GoPay; Permudah Booking dan Refund Konsumen

Ekonomi & Bisnis | Senin, 19 Oktober 2020 | 14:41 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
OYO Gandeng OVO dan GoPay; Permudah Booking dan Refund Konsumen

OYO Gandeng OVO dan GoPay; Permudah Booking dan Refund Konsumen

Perkuat penerapan protokol kesehatan di ekosistem melalui digitalisasi

Surabaya, Kabarindo- OYO Indonesia menggandeng OVO dan GoPay untuk mengintegrasikan sistem pembayaran elektronik di aplikasi OYO.

Layanan ini mempermudah pembayaran dan proses refund bagi tamu sekaligus memperkuat penerapan protokol kesehatan di ekosistem OYO melalui digitalisasi, sehingga mengurangi kontak fisik.

Agus Hartono Wijaya, Country Head OYO Hotels and Home Indonesia, mengatakan hadirnya integrasi fitur e-wallet ini dapat mempermudah sekaligus mempercepat proses refund dan pembayaran, serta mengurangi kontak fisik pada point-of-purchase yang biasanya dilakukan di meja resepsionis hotel saat bertransaksi.

“Setelah melakukan pencarian dan pemesanan hotel yang diinginkan di aplikasi OYO, tamu akan diarahkan pada pemilihan metode pembayaran yaitu transfer bank, kartu debit/kredit atau e-wallet,” ujarnya.

Untuk proses refund, tamu akan menerima konfirmasi melalui email setelah mengajukan proses refund. Kemudian dapat mengakses link di email untuk mengisi detail pemesanan seperti booking id, email dan nomor telepon. Tamu dapat memilih metode pembayaran melalui e-wallet ataupun transfer bank. Setelah mengisi data, OYO akan segera memproses permintaan tersebut.

Integrasi sistem pembayaran ini juga sebagai inisiatif lanjutan dari Sanitized Stay, komitmen jangka panjang OYO dalam memastikan penerapan protokol kesehatan dan keselamatan dalam operasional secara komprehensif mulai dari proses check-in hingga check-out. Melalui digitalisasi sistem pembayaran ditambah dengan fitur contactless check-in yang diluncurkan beberapa waktu lalu, memungkinkan tamu melakukan seluruh proses pemesanan kamar, check-in dan pembayaran dengan lebih seamless melalui perangkat pintar tanpa harus berinteraksi langsung dengan staf hotel.

Adanya peraturan pembatasan wilayah yang diterapkan pemerintah saat awal masa pandemi Covid-19 berdampak terhadap peningkatan permintaan pengembalian dana. Meskipun begitu, selama 6 bulan terakhir, hanya sekitar 2% dari total pelanggan OYO di Indonesia yang membuat permintaan pengembalian dana. Saat ini OYO telah menyelesaikan lebih dari 99,4% permintaan pengembalian dana tersebut. Ini berarti hanya sekitar 0,6% pelanggan yang mengalami penundaan pengembalian dana saat ini, sebab OYO masih menunggu tamu untuk menginput nomor rekening/e-wallet melalui link yang diberikan.

Beberapa hal yang menghambat proses pengembalian dana, seperti data pelanggan yang tercantum tidak akurat, email yang tidak lengkap, nomor telepon dan/atau detail rekening bank yang diberikan tidak tepat. Melalui integrasi sistem pembayaran dengan e-wallet, OYO menargetkan proses pembayaran refund konsumen dapat dilakukan lebih mudah dan terselesaikan dalam jangka waktu paling lama 1 minggu.

“Kami berharap, kombinasi fitur pembayaran e-wallet, program sanitize stay dan contactless check-in dapat memudahkan dan memberikan peace of mind pada tamu kami dalam pengalaman menginap mereka di OYO, terlebih pada masa pandemi saat ini,” ujar Agus.

Penulis: Natalia Trijaji


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER