Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

Beranda > Olahraga > Orlando Terranova Tercepat pada Etape Keenam Dakar

Orlando Terranova Tercepat pada Etape Keenam Dakar

Olahraga
Oleh : Nara Ibrahim

BAGIKAN :
Orlando Terranova Tercepat pada Etape Keenam Dakar

KABARINDO, RIYADH - Pebalap Argentina Orlando Terranova, memenangi etape enam Reli Dakar di Riyadh, Arab Saudi pada Jumat setelah membawa mobil Prodrivenya meraih kesuksesan untuk pertama kalinya sejak 2015.

Mattias Ekstrom menjadi pebalap ketiga tim Audi Sport yang berhasil mengamankan podium tahun ini, mengikuti Stephane Peterhansel dan Carlos Sainz, ketika ia finis satu menit enam detik di belakang Terranova.

Pebalap tuan rumah Yazeed Al Rajhi melengkapi mimbar di tempat ketiga, terpaut satu menit 49 detik dari juara etape, demikian laman resmi Dakar.

Ekstrom kini menjadi pebalap Audi yang berada di peringkat teratas setelah Sainz terlempar ke peringkat ke-21 setelah lagi-lagi menjalani etape yang sulit hari ini dengan catatan waktu terpaut 40 menit dari pemenang etape.

"Ini adalah etape yang sulit karena ada jejak dari sepeda motor, tapi beberapa menuju arah yang salah, jadi kami harus tetap sangat fokus," kata Terranova.

"Tidak segampang itu menyalip mobil-mobil lainnya yang sangat cepat di bagian pertama, semua membalap sangat cepat.

"Di zona netral, kami merasa melakukan tugas dengan benar, jadi kami menekan lebih keras di bagian kedua. Pasirnya sangat lembut, jadi sangat rumit membalap di atasnya."

Setelah menyelesaikan special stage sepanjang 348km, pebalap Toyota Gazoo Racing Nasser Al-Attiyah memperlebar jaraknya sebagai pemuncak klasemen umum sementara kendati finis P10 hari ini.

Di saat rekan satu timnya mengklaim etape enam, Sebastian Loeb justru kehilangan 25 menit setelah mengambil rute yang salah di awal etape.

Sang juara dunia WRC sembilan kali pada akhirnya harus puas finis di posisi ke-28, yang menjadi pukulan berat dalam upayanya merebut titel Dakar pertamanya.

Masalah yang dihadapi Loeb menjadi keuntungan bagi Al-Attiyah, yang kini memiliki gap 50 menit dari rival terdekatnya yaitu Al Rajhi dari tim Overdrive Toyota, yang menggeser Loeb ke peringkat tiga klasemen dengan jarak enam detik.

"Kami cukup senang menyelesaikan pekan pertama Dakar dengan keunggulan yang baik," kata Al-Attiyah, yang mengincar titel keempatnya di ajang rally-raid itu.

"Kami bekerja keras pekan ini, tanpa kesalahan. Mobil bekerja dengan sangat baik. Ini adalah Dakar dan kami akan mencoba menjalani pekan depan tanpa risiko.

"Untuk kemenangan, sulit untuk memperkirakannya, Dakar adalah Dakar, tapi kami harus berhati-hati dan kami harus tetap kuat di sepanjang jalan."

Sementara itu panitia menyudahi lebih dini etape enam kategori sepeda motor dan quadbike. Balapan dihentikan setelah km 101 karena kondisi lintasan yang buruk setelah dilewati peserta kategori truk dan mobil pada hari sebelumnya, diperparah dengan dampak hujan lebat yang membuat trek tak bisa dilewati.

Klasifikasi etape 6 sepeda motor dihitung setelah km 101.

Sam Sunderland dari tim GasGas masih memegang puncak klasemen dengan keunggulan dua menit 39 detik dari Matthias Walkner dari tim Red Bull KTM.

Daniel Sanders, yang tampil tercepat hari ini, naik ke peringkat tiga terpaut lima menit 35 detik dari rekan satu timnya di GasGas.

Juara bertahan Kevin Benavides dari tim KTM tertinggal 24 menit 56 detik di peringkat delapan klasemen.

Para peserta akan jeda satu hari pada Sabtu sebelum melanjutkan etape tujuh yang menempuh rute Riyadh ke Al Dawadimi dengan special stage sejauh 402km.
 
Sumber; Antara
Foto; Twitter Bahrain Raid Extreme


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER