Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

Beranda > Ekonomi & Bisnis > Ombak Mulai Normal, Kapal Penyeberangan Jepara-Karimunjawa Mulai Beroperasi Hari Ini

Ombak Mulai Normal, Kapal Penyeberangan Jepara-Karimunjawa Mulai Beroperasi Hari Ini

Ekonomi & Bisnis
Oleh : Budiman

BAGIKAN :
Ombak Mulai Normal, Kapal Penyeberangan Jepara-Karimunjawa Mulai Beroperasi Hari Ini

KABARINDO, JEPARA - Kapal motor penumpang yang melayani penyeberangan dari Pelabuhan Jepara, Jawa Tengah, menuju Pulau Karimunjawa perlahan mulai beroperasi kembali.

Sebelumnya penyeberangan Jepara-Karimunjawa sempat diutup karena cuaca buruk yang menyebabkan gelombang tinggi.

"Hari ini (6/12/2021) kapal penyeberangan sudah diberangkatkan lagi dari Pelabuhan Jepara menuju Karimunjawa, Kecamatan Karimunjawa, Jepara," kata Kabid Perhubungan Laut Dinas Perhubungan Kabupaten Jepara Suroto, dikutip dari Antara.

Gelombang laut pada Senin (6/12/2021) dinilai sudah aman untuk dilalui kapal motor. Suroto mengungkap bahwa tinggi gelombang hari ini berkisar 0,5-1 meter.

Namun demikian, untuk jadwal penyebrangan hari berikutnya masih belum bisa dipastikan karena menunggu prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika.

Sebelumnya, gelombang di laut Jepara antara 2,5-4 meter sehingga tidak aman untuk menyebrang ke Karimunjawa.
 

Suroto mengimbau kepada masyarakat setempat dan wisatawan harus waspada jika ingin berlibur ke Karimunjawa, sebab bulan Desember memasuki musim baratan yang ditandai dengan gelombang tinggi.

"Pelaku wisata juga sudah menginformasikan kepada para calon wisatawan bahwa ketika sudah dijadwal ternyata terjadi gelombang tinggi, maka uangnya akan dikembalikan. Demikian halnya, ketika terlanjur sampai di Karimunjawa ternyata terjadi gelombang tinggi sehingga jadwal kepulangan juga tertunda tentunya harus mempersiapkan uang saku yang lebih banyak," ujar Suroto..

Sebagai alternatif menghindari gelombang tinggi, para wisatawan bisa menggunakan pesawat untuk menyebrang ke Karimunjawa.

Sumber berita: Antara

Foto: Photo by Silas Baisch on Unsplash


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER